ADITYO DWI/RADAR SEMARANG
ADITYO DWI/RADAR SEMARANG
ADITYO DWI/RADAR SEMARANG

SAMBIREJO-Proyek pengerjaan jalan tembus Kartini-Gajah harus menunggu hasil test laboratorium pembetonan. Hal itu untuk mengetahui kekuatan beton yang akan disambung antara jalan dan jembatan.

Menurut Pelaksana Proyek, Khusnul Adib, pihaknya kini telah mengirimkan beberapa sampel pembesian dan pembetonan di Universtas Diponegoro (Undip) dan Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang. Pihaknya berharap bisa lolos tes. Standar minimal uji tes pembetonan dengan tekanan K-350 permeter persegi.

“Tes tersebut berupa sampel bangunan pengecoran. Sedangkan untuk besi, akan diuji dengan cara ditarik. Paling tidak untuk lolos tes aman dengan tekanan minimal sekitar K 400,” terangnya.

Hasil tes laboratorium, katanya, baru bisa hari ini Sabtu (15/11) ini. “Paling hari Sabtu. Nanti kalau tidak lolos, kami harus mengulangi sampel itu. Kalau lolos ya langsung mengerjakan apa yang sudah dijadwalkan. Sehingga proses pengerjaan yang sudah berjalan 85 persen ini nantinya bisa selesai tepat waktu,” ujarnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Dinas Bina Marga Kota Semarang, Sukardi mengatakan bahwa pekerjaan proyek jalan tembus Jembatan Kartini telah mencapai 85 persen. Pengerjaan saat ini tinggal membuat saluran, pemasangan tiang-tiang pancang dan penyambungan jembatan yang sudah memasuki pembesian.

“Kami sangat optimistis, proyek pembangunan jalan tembus 2014 meliputi pembebasan lahan, pembuatan saluran dan pemasangan tiang pancang selesai tepat waktu hingga akhir Desember 2014,” pungkasnya.

Ditambahkan Khusnul, sedianya pembetonan pada penyambung jalan tembus Jembatan Kartini pada 24 November 2014. Saat ini, pihak pelaksana proyek masih melakukan berbagai persiapan yang meliputi pembesian kolom untuk pondasi penyambungan Jembatan Kartini-Jalan Gajah.

“Kami mengerahkan 160 pekerja baik laki-laki maupun perempuan untuk bekerja selama 24 jam. Sehingga proses pengerjaan yang sudah berjalan 85 persen bisa selesai sebelum 27 Desember,” katanya optimistis. (mg9/ida)