KOMPAK: Sebagian anggota IdMOC Semarang saat kopi darat. (JPNN)
KOMPAK: Sebagian anggota IdMOC Semarang saat kopi darat. (JPNN)
KOMPAK: Sebagian anggota IdMOC Semarang saat kopi darat. (JPNN)

Berangkat dari kebanggaan dan kepuasan mengendarai mobil Mitsubshi, terbentuk komunitas ini. Namanya Indonesian Mitsubishi Owners Club (IdMOC). Klub ini didirikan oleh Firmansah Saftari pada 6 Desember 2000 di Jakarta, kini berkembang luas hampir di seluruh daerah di Indonesia, tak terkecuali di Semarang.

SAAT ini Cephy Suhadi memegang Ketua Umum IdMOC Indonesia. ”Bacanya ai-di-mok. Wadah berkumpul para pemilik mobil merek Mitsubishi di Indonesia yang dibatasi pada jenis kendaraan nonniaga,” jelas Ketua IdMOC Chapter Semarang, Andhika Setiawan.

Dijelaskan, beberapa varian produk Mitsubishi yang dimiliki para anggota IdMOC antara lain Lancer, Eterna, Galant, Kuda, L200 Strada/Triton, Maven, Mirage, Outlander, Grandis dan Pajero. ”Di Jawa Tengah IdMOC aktif setelah dikukuhkan sebagai Pengda (Pengurus Daerah) pada tanggal 15 Maret 2008. Ketua Pengda Jawa Tengah Yosie Ardianto,” imbuhnya.

Pengda Jawa Tengah bersekretariat di Jalan Basudewo No 32 Semarang. Ada empat chapter, yaitu Chapter Semarang yang diketuai Andhika Setiawan, Chapter Kendal yang diketuai Petruk, Chapter Pekalongan yang diketuai Irawan Wicaksono dan Chapter Wonosobo yang diketuai Anton Purwosobo. ”Setiap Jumat malam Sabtu kita kopdar (kopi darat) di Jalan Pemuda, tepatnya di seberang Indomaret Point Pemuda,” tuturnya.

Khusus untuk anggota IdMOC Semarang, kata Andhika, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh seperti kemudahan memperolah informasi seputar Mitsubishi. Semua anggota saling terbuka untuk informasi pengadaan spare part yang terkadang sulit didapat di daerah, rekomendasi bengkel rujukan, serta keluhan mesin.

”Berbagai modifikasi mesin, eksterior dan interior dari ringan. Sampai spesifikasi kompetisi meliputi body convert, porting polish, swap engine, dan lainnya bisa diperoleh informasinya,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, ada agenda rutin bersama keluarga sering dilakukan IdMOC Semarang. Di antaranya, touring, gathering, bakti sosial, gerakan peduli lingkungan, silaturahmi antar Pengda maupun Chapter.

”Bahkan kebanggaan para anggotanya menggunakan atribut IdMOC tidak jarang dituntaskan di lintasan kompetisi pada berbagai event kejuaraan otomotif,” paparnya

IdMOC Semarang saat ini sangat terbuka bagi para pemilik maupun pencinta Mitsubishi yang ingin bergabung. Tidak menutup kemungkinan untuk orang yang hanya sebatas simpatisan maupun menjadi anggota resmi.
”Diharapkan seiring dengan bertambahnya anggota resmi IdMOC Semarang, prosesi regenerasi kepengurusan daerah dapat berjalan, di mana anggota-anggota muda yang lebih energik dan potensial bisa lebih mampu berinovasi dan berkreativitas.”

Belum lama ini IdMOC Jateng mengadakan event Mitsubishi Club & Community Family Day, yang diselenggarakan di Taman KB Semarang. IdMOC mengundang seluruh chapter yang ada di Jateng serta klub maupun komunitas mobil Mitsubishi lain yang ada di Semarang.

Selain berkumpul dan city touring, acara tersebut dimeriahkan dengan beberapa acara seperti hiburan band, games seru, serta lomba fotografi. ”Acara ini merupakan gebrakan pertama, karena akan ada event-event lain yang lebih menghebohkan. Intinya kami bangga dengan Mitsubishi, dan kami bangga dengan atribut IdMOC. Karena kita bisa berkreativitas, mengembangkan dan mencurahkan hobi di sana,” katanya. (ris/jpnn/aro/ce1)