Terminal Terboyo Renovasi Total

151

BALAI KOTA – Terminal Terboyo akan segera diperbaiki. Pada APBD murni tahun 2015, pemkot telah menganggarkan Rp 25 miliar. Hal tersebut ditegaskan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, usai mengikuti sidang paripurna pembahasan APBD 2015, kemarin (3/10).
”Tapi itu belum selesai, masih harus dua tahap, karena dari DED itu diperkirakan butuh Rp 48 sampai Rp 50 miliar. Dan kita adanya anggaran separo ya separo dulu,” tandasnya.

Alokasi pembangunan terminal tipe A itu dilakukan setelah usaha pemkot untuk mendapat bantuan dari pusat tidak ditanggapi. Pembangunan dilakukan secara multiyears, mengingat renovasi total membutuhkan anggaran yang sangat besar.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkomino) Kota Semarang Agus Harmunanto mengatakan, setelah tidak mendapat tanggapan dari pemerintah pusat, wali kota meminta agar dana pembangunan Terminal Terboyo dianggarkan sendiri melalui APBD murni 2015. ”Ini nanti tinggal menunggu pengesahan dari DPRD,” terang Agus Harmunanto.

Karena sifatnya pembangunan konstruksi, maka proyek tersebut dimasukkan dalam anggaran Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP). Agus menyatakan, di APBD 2015 baru dialokasikan dana sebesar Rp 25 miliar. ”Kami sudah tidak menggantungkan bantuan dari pemerintah pusat lagi, karena beberapa kali mengajukan bantuan tidak ada jawaban. Jadi pembangunan nanti akan didanai oleh pemkot secara bertahap,” terangnya.

Menurutnya, butuh waktu untuk memaksimalkan pembangunan Terminal Terboyo. Karena proses pembangunan menyesuaikan anggaran dari pemkot. Di APBD murni 2015 telah dialokasikan Rp 25 miliar. Anggaran tersebut, kata Agus, akan dialokasikan untuk pembangunan landasan terminal dan kios-kios pedagang.

”Kebutuhan anggaran untuk membangun Terminal Terboyo sekitar Rp 70 miliar, jadi bisa dilakukan tiga tahun anggaran. Tahun 2015 ini dianggarkan, kemudian 2016 dan tahun 2017. Tapi kalau di anggaran perubahan memungkinkan untuk melakukan penambahan, ya kita ajukan lagi. Sehingga pembangunan bisa cepat selesai. Tapi itu melihat kondisi keuangan pemkot juga,” jelas Agus Harmunanto.

Terpisah, Kepala DTKP Kota, Agus Riyanto membenarkan jika pihaknya mendapat luncuran alokasi anggaran pembangunan Terminal Terboyo dari Dishubkominfo. ”Usulan dana itu memang dari Dishubkominfo, termasuk desainnya. Tapi saya minta agar Dishub melakukan review desain terkait prioritas penggunaan anggarannya,” kata Agus Riyanto.

Sementara itu, Wali Kota menegaskan bahwa prioritas Pemkot Semarang dalam menata Kota Atlas pada tahun 2015 mendatang masih menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur. Mulai dari pembangunan pasar, jalan, pengendalian banjir, hingga pembangunan Terminal Terboyo.

”Skala prioritas tahun depan di SKPD infrastruktur seperti Dinas Pasar, Bina Marga, PSDA ESDM, dan Dinas Tata Kota dan Perumahan,” ujar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, usai mengikuti sidang paripurna pembahasan APBD 2015, kemarin (3/10). (zal/ida/ce1)