Perias Lima Daerah Adu Kepiawaian

430
WEDDING FASHION - Para model sedang memperagakan busana dan rias wedding dalam puncak acara Festival Batik dalam Tegal Fashion Week 2014 menuju Tegal Kota Fashion, kemarin. (ADI MULYADI/jpnn)
WEDDING FASHION - Para model sedang memperagakan busana dan rias wedding dalam puncak acara Festival Batik dalam Tegal Fashion Week 2014 menuju Tegal Kota Fashion, kemarin. (ADI MULYADI/jpnn) WEDDING FASHION – Para model sedang memperagakan busana dan rias wedding dalam puncak acara Festival Batik dalam Tegal Fashion Week 2014 menuju Tegal Kota Fashion, kemarin. (ADI MULYADI/jpnn)[/caption

TEGAL – Sebanyak 31 perias dari lima daerah beradu kepiawaian merias pengantin. Ajang tersebut merupakan rangkaian kegiatan penutup gelaran Festival Batik dalam Tegal Fashion Week 2014 menuju Tegal Kota Fasihon, Minggu (2/11) sore.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Seni Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tegal, R Supriyanta melalui Kabid Kepariwisataan Rita Marlinawati mengatakan, ke-31 perias itu berasal dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Brebes, Pemalang dan Kabupaten Batang. “Lomba rias pengantin ini terselenggara berkat kerja sama dengan Sanggar Rias dan LKP Tania,” katanya, Senin (3/11).

Disebutkan, setelah dilakukan penilaian oleh tim juri, pemenang kategori Pengantin Tegal, Ria Hartati dari Rias Sekar Manten. Juara kategori Pengantin Solo Putri Pakem, Marliana Izmi dari Salon Izmi. Sedangkan pemenang kategori Pengantin Muslim Modifikasi, Rini dari Rias Rini Jatibarang. “Hadiah diserahkan Ketua Dekranasda Kota Tegal, Endang Nursholeh.

Disebutkan Festival Batik Tegal dalam Tegal Fashion Week 2014 menuju Tegal Kota Fashion dimulai sejak Sabtu hingga Minggu (1-2/11). Puncak acara berlangsung Sabtu malam pukul 19.30 hingga 23.00. Hadir pada kesempatan itu Wali Kota Tegal, Hj Siti Mashita Soeparno. Wakil Wali Kota Tegal, Nursholeh beserta istri. Ketua Dekranasda Kabupaten Tegal, Ny Entus Susmono serta tamu undangan dari kota/kabupaten se-eks Karasidenan Pekalongan dan Bakorwil 3 Provinsi Jawa Tengah.

Wali Kota dalam sambutannya menyatakan apresiasi yang tinggi kepada Disporabudpar yang telah menyelenggarakan Festival Batik Tegal dengan inovasi berupa panggung catwalk sepanjang 50 meter. Bundha Sitha mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk selalu mencintai batik. Di antaranya dengan senantiasa mengenakan busana batik Tegal dalam setiap acara. Hal itu menurut dia sebagai bentuk pengahargaan generasi muda terhadap para pengrajin batik tulis Tegal yang telah mengabdikan hidup mereka untuk melestarikan warisan budaya.

Sementara itu, puncak acara dimeriahkan oleh fashion show adi busana batik Tegal dan batik Pantura karya desainer dari Kota dan Kabupaten Tegal. Antara lain Husni, Aan, Kikan Karindra, Cipto Anggoro dan Febyan Oki. Masing-masing desainer menampilkan 7 hingga 10 rancangan batiknya di atas catwalk sepanjang 50 meter. Adapun Wedding Fashion, ada 4 desainer atau perias yang menampilkan rancangan baju dan riasannya, yakni Susanto Wedding, Shona Salon, Ayu Star dan LKP Tania. (adi/jpnn/ric)