Ribuan Guru Ikuti Lomba Penyusunan RPP

221
SERIUS : Para Guru SMP se Kabupaten Kendal mengikuti Lomba Penyusunan RPP di SMAN 1 Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/RADAR SEMARANG)
SERIUS : Para Guru SMP se Kabupaten Kendal mengikuti Lomba Penyusunan RPP di SMAN 1 Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/RADAR SEMARANG)
SERIUS : Para Guru SMP se Kabupaten Kendal mengikuti Lomba Penyusunan RPP di SMAN 1 Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/RADAR SEMARANG)

KENDAL—Ribuan guru SMP-SMA se-Kendal mengikuti lomba penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Lomba tersebut digelar untuk mensukseskan pelaksanaan kurikulum 2013 oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kendal.

Lomba dilaksanakan serentak di empat sekolah yang diikuti, yakni di SMAN 1 Kendal, SMPN 3 Patebon, SMKN 1 Kendal dan SMKN 2 Kendal. Lomba dikategorikan tiap tingkatan sekolah per mata pelajaran. Kepala Disdik Kendal, Muryono mengatakan RPP merupakan aplikasi untuk menjalankan Kurikulum 2013. Dimana seorang pendidik diwajibkan mempersiapkan RPP atas mata pelajaran yang diampunya selama satu semester. “Dengan adanya lomba ini, untuk memotivasi para pengajar agar menyusun RPP sebaik mungkin. Sehingga pembelajaran dalam kelas bisa terukur jelas tingkat keberhasilannya. Dibuktikan dengan tingkat pemahaman siswa untuk memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru,” ujarnya, Minggu (2/11).

Muryono mengakui, Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang sempurna dibandingkan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Tapi, karena baru diterapkan secara nasional 2014 ini, wajar jika masih ditemukan adanya beberapa kelemahan di tingkat pengajar untuk memahami pengajaran yang baik dan benar. “Jadi lomba RPP, ini selain untuk memberikan semangat kepada para guru agar semangat menyusun RPP, juga memberikan pemahaman kepada guru-guru lain akan penyusunan RPP yang benar dan tepat,” jelasnya.

Lebih lanjut Muryono mengatakan, lomba ini juga untuk menyukseskan Gerakan Kendal Cerdas yang dicanangkan Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti. “Sehingga prestasi guru dan siswa ini bisa berjalan berdampingan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba RPP, Utomo menjelaskan, lomba RPP adalah lomba untuk semua guru per mata pelajaran. “Tujuan dari lomba RPP untuk peningkatan mutu pendidikan. Khususnya pembelajaran untuk mempercepat proses implementasi Kurikulum 2013,” katanya.

Koordinator Pengawas Lomba RPP tingkat SMP, Sunari Sofyan mengatakan penilaian dari lomba ini adalah diukur dari guru menyusun RPP itu sendiri. Yakni kerangka pembelajaran, sarana dan media yang digunakan untuk pembelajaran, indikator keberhasilan siswa dan penyelesaian pembelajaran secara tepat waktu. “Ke depan tidak hanya lomba menyusun RPP saja, tapi juga lomba mengajar. Sebab RPP hanyalah acuan pokok, pelakanaannya pengajaran juga harus sesuai. Makanya saya berharap ada lomba mengajar dari Disdik tahun depan,” katanya. (bud/ric)