SEMARANG UTARA – Kematian seorang pelajar SMPN 7 Semarang, Andika Radya Pratama yang ditemukan tewas membusuk di tepi Pantai Sangklak, Kelurahan Panggung Lor, Tanjung Emas, Semarang Utara pada Jumat (24/10) lalu, hingga kini masih misterius.

Sepeda onthel yang digunakan siswa kelas 9 tersebut belum ditemukan. Tim penyidik Polsek Semarang Utara, masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui apakah siswa tersebut tewas akibat dibunuh atau tenggelam akibat tersapu ombak.

”Masih kami selidiki. Sementara, surat keterangan hasil pemeriksaan dari dokter RSUP Dr Kariadi masih di Inafis Polrestabes Semarang. Sehingga kami belum mengetahui,” kata Kapolsek Semarang Utara, AKP Muhammad Ridwan dimintai komentar Radar Semarang, Senin (27/10).

Sedangkan informasi yang dihimpun di Polrestabes Semarang, pihak keluarga tidak berkenan jenazah korban divisum. Akibatnya penyelidikan tim kepolisian mengalami kesulitan. ”Secara teknis, bila tidak dilakukan Visum Dalam atau Otopsi, tidak dapat menghasilkan kesimpulan sebab kematian,” kata salah seorang sumber di kepolisian.

Secara keseluruhan, mulai Surat Permintaan Visum (SPV), Surat Permohonan Penolakan Otopsi dilengkapi surat pernyataan dari keluarga korban dan Surat Keterangan Hasil Visum baik Visum Dalam maupun Luar, telah diregristrasi oleh Inafis Polrestabes Semarang.

”Pihak keluarga korban tidak berkenan, jadi jenazah korban tidak dilakukan otopsi. Sehingga penyelidikan sementara hanya berdasarkan pemeriksaan fisik,” ujar sumber itu.

Hal itu menyebabkan tim kepolisian kesulitan mengungkap penyebab kematian pelajar yang tinggal di RT 03/RW I Kampung Panggung Mas I Nomor 115 Semarang Utara Kampung Panggung, Semarang Utara itu. Kendati demikian, tim kepolisian masih terus berusaha mengungkap misteri kematian Andika.

Sebagaimana diketahui, Andika Radya Pratama, siswa SMPN 7 Semarang itu ditemukan tewas dalam kondisi membusuk di tepi Pantai Sangklak Tanjung Emas, Semarang, Jumat (24/10) lalu. Tubuhnya terbujur dengan posisi telentang di atas bebatuan di bibir pantai. (mg5/ida/ce1)