Hobi Kuliner, Mahir Bidang Akuntansi

90

FITHRI Widyanita Yarisma, petugas di Biro Administrasi Umum dan Keuangan khususnya menangani bidang perpajakan di Universitas PGRI Semarang sejak 1 Januari 2012 ini, memiliki hobi kuliner, membaca buku, dan nonton film. ”Hobi kuliner hampir tiap Minggu saya jalani bersama suami,” kata istri Bayu Wijaya ini.

Sedangkan terkait hobi membaca, novel romantis atau perjalanan seseorang menjadi pilihannya. Ia juga mengaku sebulan sekali ke toko buku. Biasanya buku baru dan bagus yang sebelumnya ia cari di internet yang menjadi pilihannya.

Menurutnya, peran orang tuanya, Suyarto, dan Sus Ismawati Sulandjari, sangat penting dalam menentukan pendidikan setelah lulus SMA. Orang tuanya pula yang mengarahkannya untuk melanjutkan pendidikan S1 di bidang akuntansi atau psikologi. ”Orang tua saya menghendaki dalam satu keluarga tidak boleh ada pendidikan yang sama,” katanya.

Ekonomi Manajemen, Hukum dan Hubungan Internasional menjadi pilihan dari dua kakak dan satu adik ini. Namun akhirnya, pilihannya jatuh pada Pendidikan Ekonomi-Akuntansi di Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan lulus tahun 2006. Lantas melanjutkan pendidikan Profesi Akuntansi selama satu tahun di Universitas STIKUBANK Semarang dan lulus tahun 2009.

Ia mengaku sejak SMA memang sudah menyukai ilmu akuntansi. Menurutnya, akuntansi merupakan ilmu yang selalu digunakan di berbagai bidang usaha. ”Akuntansi merupakan ilmu yang seru dan penuh ketelitian,” tutur perempuan kelahiran Sukoharjo pada 5 Mei 1983.

Sebagai staf keuangan, ia bisa menyalurkan ilmunya. Bahkan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru juga. Sebuah tantangan besar dalam menerapkan dua ilmu yang berbeda. Apalagi, beberapa waktu yang lalu Universitas PGRI Semarang menunjuknya untuk mewakili sebagai peserta pemilihan Diktendik berprestasi tahun 2014 sebagai pengelola keuangan berprestasi tingkat kopertis wilayah VI Jawa Tengah.

Sebuah proses dan pengalaman luar biasa yang harus ia jalani dengan membuat makalah dengan judul dan isi yang harus ia ganti berkali-kali. Hasil yang membanggakan telah diumumkan bahwa ia sebagai juara dua sebagai pengelola keuangan berprestasi dalam pemilihan Diktendik berprestasi tingkat Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah tahun 2014.

”Sebuah proses sangat berarti dalam kehidupan saya. Proses memberikan banyak cara untuk berkembang dan belajar dan mendapatkan pengalaman baru,” pungkas Nita. (ewb/ida/ce1)