Poster dalam Bingkai Kaca Paling Banyak Dicari

440
ADENNYAR WYCAKSONO/RADAR SEMARANG
ADENNYAR WYCAKSONO/RADAR SEMARANG
LARIS: Penjual poster foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Pasar Johar Semarang meraup keuntungan usai pelantikan presiden. (ADENNYAR WYCAKSONO/RADAR SEMARANG)

Resmi dilantik menjadi presiden dan wakil presiden, foto Joko Widodo dan Jusuf Kalla banyak diburu. Pedagang di Kota Semarang kebanjiran pesanan. Seperti apa?

Adennyar Wycaksono, Purwodinatan

SEJUMLAH pedagang foto presiden di Pasar Johar Semarang tampak gembira. Mereka mengaku kebanjiran order foto Jokowi dan JK lengkap dengan tulisan presiden dan wakil presiden. Foto yang biasa digantung di rumah atau kantor, untuk menggantikan foto Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono.

Para pedagang terlihat menyiapkan ratusan pesanan pigura lengkap dengan foto untuk dikirim kepada pemesan. Sunardi, 50, contohnya. Salah satu pedagang poster ini mengaku kebanjiran pesanan sejak Jokowi-JK dilantik Senin (20/10) lalu. ”Penjualan mulai ramai usai pelantikan, sedikitnya dalam sehari ini sudah dapat pesanan 300 foto dan pigura,” katanya kepada Radar Semarang, Selasa (21/10) siang.

Masalah harga sangat bervariasi tergantung ukuran dan bingkai yang dipergunakan. Diprediksi, penjualan foto presiden baru akan terus mengalami kenaikan melihat antusiasme warga terhadap presiden ketujuh ini. ”Kemungkinan akan terus naik, apalagi pesanan dari luar kota sudah ada yang order,” ujarnya.

Hal serupa juga dialami Suparno, 35, pedagang lainnya. ”Penjualannya naik, kalau hari biasa paling 20 sampai 25 unit. Dua hari ini saya bisa menjual sampai 600 unit,” timpalnya.

Selain jumlah penjualan meningkat, harga jual juga ikut naik jika dibanding saat pelantikan Presiden SBY 5 tahun lalu. ”Sekarang naik harganya. Dulu Rp 10 ribu dapat, sekarang enggak. Soalnya harga kertas dan bahan pembuatan pigura juga mengalami kenaikan,” ujarnya.

Bahkan Nugroho, 38, sudah mulai kebanjiran pembeli sejak seminggu sebelum pelantikan presiden. Ia bahkan kehabisan stok poster berikut bingkainya.

”Baru beberapa hari jualan di Pasar Johar, dagangan saya sudah habis terjual. Padahal saya membawa 100 poster dengan harga variatif. Ukuran 30×40 sentimeter seharga Rp 70 ribu, sedangkan ukuran besar 40×60 sentimeter saya jual Rp 250 ribu,” ungkapnya.

Dikatakan, pembeli kebanyakan memilih poster gambar presiden Jokowi-JK yang dibingkai rapi dengan menggunakan kaca. Biasanya pemesan ini berasal dari instansi pemerintah.

Dimas Cahyo, 35, staf tata usaha salah satu sekolah swasta yang ada di Semarang memesan sebanyak 50 unit foto presiden dan wakil presiden terbaru untuk dipasang di setiap ruangan yang ada. ”Harus ganti baru karena presidennya baru, masalah harga masih dalam taraf wajar. Tidak terlalu mahal,” paparnya. (*/dilengkapi oleh M. Hariyanto/ton/ce1)