Warning Dewan Malas Rapat

118

KENDAL – Ketua DPRD Ken­dal Prap­to Utono berjanji segera menga­tasi masalah terkait sorotan masyarakat seringnya anggota dewan membolos saat rapat. Yakni dengan memaksimalkan tugas dan peran Badan Kehormatan (BK) DPRD Kendal.
Hal itu disampaikan Prap­to disela pelantikan dan pengambilan sumpah jabatannya sebagai Ketua DPRD kendal bersama tiga pimpinan lainnya, Selasa (30/9) kemarin. menurutnya, hal utama yang akan dilakukannya dalam waktu dekat membentuk alat kelengkapan dewan.
Dalam pengucapan sumpah dan janji, empat pimpinan DPRD Kendal yakni, Ketua Prapto Utono, wakil ketua I, Sak­dullah dari Partai Amanat Nasional (PAN), Wakil Ketua II Muh Makmun dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Wakil Ketua III MA Tau­fiqullah dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
“Tugas pertama yang akan saya jalankan adalah membentuk alat kelengkapan dewan seperti komisi dan badan dan tata tertib yang ada di dewan. Dengan adanya alat kelengkapan ini, dewan baru bisa bekerja maksimal. Termasuk fungsi BK DPRD bisa dimaksimalkan,” katanya.
Apabila telah terbentuk, BK dewan nantinya akan menindaklanjuti laporan yang masuk, terkait pelanggaran terhadap kewajiban maupun kode etik anggota dewan. “Memang sekarang yang banyak disorot adalah tingkat kehadiran anggota dewan yang minim. “Permasalahan ini adalah wewenang BK. Jadi BK yang harus dimaksimalkan perannya,” tandasnya.
Prapto mengatakan, hal lain selain alat kelengkapan dewan ia akan menyoroti perihal peraturan daerah (perda). Sebab menurutnya banyak perda lama yang sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang. “Misalnya perda tentang tarif parkir, perda tentang galian C dan sebagainya, menurut saya harus diperbaiki,” sebutnya.
Selain itu, ia juga akan berkoordinasi untuk masalah pembangunan jalan dengan Bupati Kendal, untuk mengetahui masalah-masalah dan aset-aset yang dimiliki Pemkab Kendal. (bud/sas)