Ivan Soegiarto Pimpin WI Jateng

199

SEMARANG – Pengusaha hotel Ivan Soegiarto, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengprov Wushu Indonesia (WI) Jateng periode 2014-2018 dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) yang berlangsung di Kantor KONI Jateng, Minggu (14/9).

Ivan sendiri adalah putra pertama mantan ketua umum sebelumnya, Hendra Soegiarto. Dalam Musprov yang diikuti 22 dari 28 pengkab/pengkot WI di Jateng, peserta sepakat untuk menyerahkan sepenuhnya kepada Ivan soal formatur yang akan menyusun kepengurusan Pengprov WI.

Ketua terpilih Ivan Soegiarto tak bicara banyak soal program yang akan digebernya. Langkah pertamanya akan belajar dulu sistem organisasi dan pembinaan atlet wushu di Jateng.”Saya akan melakukan pendekatan secara internal dulu dengan pengurus lama. Dengan demikian ada kesinambungan,” kata Ivan.

Di bagian lain, Ketua Harian (demisioner) Pengprov WI Sudarsono mengakui, tantangan wushu Jateng memang makin berat, terutama untuk persaingan di PON 2016 mendatang. Namun dia percaya, masih ada figur-figur yang memiliki komitmen untuk memajukan wushu Jateng agar mampu bersaing di PON kelak. ”Harapan pengprov selalu sama yaitu bagaimana terus aktif melahirkan atlet andal. Kita tentu berusaha agar tradisi medali emas PON, bisa dipertahankan,” kata Sudarsono.

Menurutnya, ada agenda terdekat yang harus disiapkan oleh Pengprov WI, yaitu Kejurnas Wushu di Medan, 6-12 Oktober mendatang. Dengan agenda nasional yang begitu dekat, WI Jateng dituntut bergerak cepat menyiapkan tim yang kuat. Diakui dia, Jateng beruntung memiliki program pembinaan di level junior seperti keberadaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP). ”Pembinaan tingkat junior terus kami lalukan baik di PPLP maupun melalui kejurprov dan pengiriman atlet ke even nasional. Kami berharap regenerasi atlet terus berlanjut,” pungkasnya. (bas/smu)