Dijamin Higienis, Ada Paket Harian hingga Bulanan

167

Ahmad Faishal, Presenter TVRI Tekuni Jasa Kurir Air Susu Ibu
Ahmad Faishal sehari-hari menjadi presenter TVRI Jateng. Namun ia juga punya usaha jasa kurir antar jemput air susu ibu (ASI). Bisnisnya itu memang belum begitu populer. Seperti apa?
ABDUL MUGHIS

FENOMENA bisnis di Kota Semarang kian berkembang. Pelaku bisnis terus melakukan kreativitas berdasarkan temuan apa saja kebutuhan masyarakat di perkotaan. Sehingga mampu menangkap peluang. Salah satunya bisnis unik, jasa kurir air susu ibu (ASI). Bisnis jasa ini khusus melayani ibu-ibu muda yang waktunya dihabiskan untuk meniti karir. Namun berkat jasa kurir ASI ini, ibu-ibu muda tersebut tetap bisa bekerja sambil menyusui bayinya di rumah.

Jasa kurir ASI itu bernama AJAIB alias Antar Jemput Air Susu Ibu. Bisnis ini termasuk baru, bahkan sang perintis, Ahmad Faishal, mengklaim jika bisnis ini pertama di Kota Semarang.
”Kami menyediakan jasa kurir ASI profesional untuk ibu-ibu muda atau wanita karir yang setiap harinya full bekerja. Jadi, wanita karir pun bisa menyusui bayinya dari tempat kerja,” ungkapnya saat ditemui Radar Semarang, Senin (18/8) siang.

Menurut Faishal, air susu ibu adalah air ajaib di dunia ini. Semua orang membutuhkannya demi perkembangan dan pertumbuhan bayi secara sehat. ”Saya melihat, bisnis jasa antar jemput air susu ibu di Kota Semarang belum ada. Saya rasa ini peluang bagus,” ujar alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Jogjakarta ini.
Bagaimana proses pengambilan air susu ibu? Faishal menjelaskan, konsumen yang berminat dipersilakan mendaftar untuk menjadi member di kantornya di bilangan Jalan Lebdosari III Kalibanteng Kulon Semarang Barat. ”Tim kami sudah dibekali pelatihan dan peralatan canggih, serta mempunyai standar operasional prosedur (SOP) yang harus dijalankan. Mereka akan menyambangi tempat kerja member untuk mengambil air susu ibu tersebut, tentunya dengan menggunakan peralatan aman. Setelah itu, diantarkan oleh tim kami ke rumah tempat bayi dirawat,” terangnya.
Tidak perlu khawatir, ia menjamin keamanan, kesehatan, dan kenyamanan pelanggan. Di antara keunggulan fasilitas kurir ASI adalah menyediakan box delivery yang menjamin keamanan dan kehigienisan ASI. ”Juga disediakan freezer dan cooler bag yang menjamin suhu dan kualitas ASI,” imbuhnya.

Selain itu, excelent service menjamin ASI tidak tertukar atau salah pengiriman, karena dilengkapi dengan barcode dan privacy bag termasuk kunci. ”Kuncinya ada dua. Pertama untuk si ibu, kunci kedua untuk perawat bayi di rumah,” katanya.
Saat ini, pihaknya telah mempunyai enam orang tenaga profesional yang siap antar-jemput ASI. Mengenai pembiayaan, ada tiga paket. Masing-masing harian, mingguan dan bulanan. Paket harian biayanya Rp 27 ribu, paket mingguan Rp 122 ribu dan paket bulanan Rp 425 ribu.
”Kami melakukan pelayanan dengan cepat. Untuk ukuran luas Kota Semarang, maksimal 3 jam, air susu ibu harus sudah sampai kepada si bayi. Tidak boleh melebihi 5 jam, karena ASI akan berakibat basi,” ujarnya.
Faishal mengaku, ide bisnis kurir antar jemput air susu ibu ini berawal dari pengalaman pribadi. ”Awalnya saya rutin mengambil ASI milik istri saya di tempat kerjanya. Saya lihat, banyak ibu-ibu muda yang sebenarnya juga mempunyai kebutuhan sama,” pungkasnya. (*/aro/ce1)