Siapkan Berbagai Lomba Meriahkan HUT RI Ke-69

206

BALAI KOTA – Sejumlah agenda dan lomba menarik telah dipersiapkan Pemkot Semarang guna memeriahkan HUT RI ke-69 kali ini. Salah satu lomba yang paling semarak adalah lomba gapura yang diikuti 177 kelurahan.
Selain itu juga lomba sepak bola RT/RW tingkat kecamatan pada 4-15 Agustus, dengan final pada 22-23 Agustus di Citarum. Kemudian lomba menyanyi dangdut tingkat Kota Semarang pada 19 Agustus di hall balai kota, lomba gerak jalan 3 penjuru antar pelajar SD, SMP, SMA sederajat pada 22 Agustus, serta Festival Gambang Semarangan antar kecamatan pada 26 Agustus di Mal Ciputra.
Ada pula sejumlah acara seni di antaranya pergelaran wayang kulit di Kecamatan Genuk, Semarang Utara, Semarang Selatan, Semarang Barat pada tanggal 9, 16, 23, dan 30 Agustus. Parade seni tingkat Kota Semarang antar kecamatan di balai kota pada 19 Agustus, serta festival layang-layang pada 24 Agustus di waduk Jatibarang.
Masyarakat diminta agar mengibarkan bendera merah putih selama 5 hari berturut-turut mulai tanggal 14 sampai dengan 18 agustus 2014 dengan ketentuan, bendera merah putih yang rusak diganti dengan yang baru, tinggi tiang bendera 3 meter untuk rumah berlantai satu, 4 meter untuk rumah berlantai dua, dan 5 meter untuk kantor dan rumah berlantai lebih dari tiga, serta jalan-jalan protokol agar dipasang umbul-umbul dan bendera merah putih. ”Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang kita peringati setahun sekali ini merupakan hari bersejarah bagi kita. Sudah selayaknya kita menyambutnya dengan meriah, saya minta kepada camat dan lurah menggerakkan warganya agar memasang lampu penjor pada mulut gang supaya semarak dan meriah,” terang Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, kemarin.
Selain itu pada Sabtu (16/8) diimbau untuk mengadakan doa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang dilaksanakan mulai pukul 19.00 di kantor pemerintah, kantor kecamatan, kelurahan, RT/RW di wilayah Kota Semarang. Sementara pada Minggu (17/8) wali kota mengimbau untuk menyelenggarakan upacara pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus 2013 pukul 07.00 atau bila memungkinkan untuk diadakan upacara detik-detik proklamasi di kecamatan, kantor negeri/swasta, Perguruan Tinggi, sekolah-sekolah negeri dan swasta, serta tempat-tempat usaha. ”Di samping itu seluruh warga hendaknya dapat melakukan gerakan bersih-bersih lingkungan dengan cara memperindah taman-taman dan menghias lingkungan dengan memasang umbul-umbul mulai. Mari mengisi, memeriahkan, menyemarakkan HUT ini dengan berbagai hal dari lingkungan masing-masing sebagai bentuk penghargaan terhadap para pahlawan,” imbuhnya.
Pihaknya berharap penyelenggaraan acara peringatan HUT kemerdekaan ke-69 Republik Indonesia tersebut dapat terlaksana secara meriah, khidmat, dan meminimalisir pengeluaran yang digunakan untuk memeriahkan HUT ini dengan memperhatikan situasi dan kondisi lingkungan setempat. (zal/ce1)