Kenalkan Budaya Semarang di Tiga Negara

117

BALAI KOTA – Budaya Kota Semarang diharapkan bisa dikenal hingga mancanegara, utamanya Amerika Serikat, Spanyol dan Perancis. Seiring lolosnya empat siswa Kota Semarang dalam program pertukaran pelajar dan budaya ke tiga negara tersebut.
Siswa-siswi sekolah menengah atas dari SMA 3 dan Loyola ini akan bertukar pengalaman dan mengenalkan budaya Kota Semarang di empat kota yakni Madrid (Spanyol), Alaska (Amerika Serikat), Micighan (Amerika Serikat), dan Perancis.
Mereka adalah Vania, Narulita dan Yumna dari SMAN 3 Semarang dan Laras dari SMA Loyola. Selasa (5/8), empat siswa SMA tersebut melakukan audiensi dan berpamitan dengan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di ruang VIP wali kota. Siswa yang masuk program Rotary Youth Exchange Program (YEP) ini didampingi pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin dan presiden Rotary Club Semarang, Lina Suratman.
Menurut Lina Suratman Youth Exchange Program, merupakan salah satu program Rotary Club di mana setiap tahunnya diikuti 8.000 siswa seluruh dunia berusia 15-19 tahun. Program YEP memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk dapat berbagi pengetahuan, memperkenalkan budaya dan pengalaman di kota masing-masing. ”Mereka akan bertukar kesempatan belajar dengan siswa lain dari luar negeri. Selama beberapa bulan, siswa tersebut akan menempuh pendidikan di negara tujuan,” tegasnya.
Wali Kota Hendrar Prihadi berpesan, para siswa diharapkan untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. ”Isi dengan berbagai kegiatan positif. Misal saling berbagi pengalaman dan pelajaran yang pastinya bisa berguna untuk kemajuan Kota Semarang,” pesannya. (zal/ce1)