Andalkan Gapura Berpuncak Mirip Monas

181

KEDUNGPANE – Kelurahan Kedungpane akan ‘all out’ menghadapi Lomba Gapura Kampung se-Kota Semarang 2014 yang digelar Jawa Pos Radar Semarang dan Pemkot Semarang. Menunjuk gapura di wilayah RT 4 RW 2, Kleurahan Kedungpane mengincar gelar juara.

Gapura di RT 4 RW 2 memang menarik dan layak bersaing dengan 176 wakil kelurahan lain. Gapura tersebut memiliki lambang yang hampir mirip dengan puncak Tugu Monas pada ujung bangunannya. Walaupun tidak terbuat dari emas, gapura milik warga ini menjadi kebanggaan warga setempat dan menjadi sebuah ikon.

Sukadi, Ketua RT 4 RW 02 Kelurahan Kedungpane mengatakan, dulunya gapura di wilayahnya dibangun pada tahun 1980-an dengan konsep mirip Tugu Monas. “Gapura itu memang sudah tua, namun gapura yang ada saat ini adalah gapura kebanggaan milik warga,” katanya kepada Radar Semarang, kemarin.

Dalam mengikuti Lomba Gapura Kampung se-Kota Semarang 2014 yang disupport oleh Semen Indonesia, Perusahaan Gas Negara (PGN), Sido Muncul, Bank BRI dan Tom’s Home ini, konsep pembangunan gapura akan mengusung konsep lama dengan gapura yang ada saat ini. “Tidak ada pemugaran, fisik gapura tetap seperti itu. Pada bagian puncak bangunan juga masih ada seperti yang ada di Monas. Ada yg hilang pada gapura sisi kiri, rencananya akan kita bangun lagi sama persis seperti bentuk dahulu,” paparnya.

Pembangunan sendiri diperkirakan menelan biaya sebesar Rp 2 juta rupiah, dana yang diambil dari iuran swadaya warga akan mulai dilakukan pembangunan pada minggu-minggu ini. “Tambahannya kita akan bangun taman, hingga penambahan batu alam pada sisi tubuh gapura. Selain itu kita akan tambahkan lampu hias dan umbul-umbul untuk memperindah gapura,” pungkasnya. (den/smu)