Logistik Mulai Didistribusikan

135

WONOSOBO – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wonosobo siap mendistribusikan 669.497 surat suara ke semua TPS di kota dingin itu. Kemarin (4/7) logistik berisik surat suara dan kelengkapan pemilihan presiden sudah mulai dikirim ke tingkat kecamatan.
Menurut Ketua KPU Wonosobo Ngarifin Shiddiq secara umum untuk persiapan pilpres di Wonosobo tidak ada masalah. Tahapan persiapan dari DPT hingga penyediaan logistik berjalan lancar.
Arifin menjelaskan, jumlah surat suara total di Wonosobo mencapai 669.497 eksemplar. Jumlah tersebut mendasarkan pada jumlah pemilih ditambah 12 persen dari total jumlah pemilih. Dari jumlah tersebut, setelah dicek, hanya ditemukan 31 surat suara yang rusak.
“Secara umum penyediaan surat suara sudah beres, cetakan bagus dan sudah dikontrol,” paparnya.
Ditambahkan, untuk proses distribusi logistik pemilu, rencananya selesai hingga 6 Juli di tiap kecamatan. Total kotak suara sebanyak 3.638 dengan jumlah bilik suara sebanyak 7.276 yang akan didistribusikan ke 1819 TPS.
“Jumlahnya lebih sedikit dari pemilihan legislatif, jadi distribusi lebih mudah,” ungkapnya.
Untuk menjaga pilpres lancar, seperti pengalaman pileg dimana ada anggota TPS yang tidak netral, dalam proses penjaringan untuk anggota TPS pilpres, lebih ketat. Selain itu, juga didorong untuk menjaga netralitas, apabila ada yang diketahui tidak netral akan diberhentikan dan diberi catatan merah tidak akan digunakan lagi pada pemilu masa mendatang.
“Kelompok penyelenggara semuanya wajib netral, dari TPS, PPK hingga KPU, semuanya wajib netral,” tegasnya.
Bagi warga yang mengalami pemindahan lokasi pemilihan, diharapkan untuk segera mengurus kartu A5. Kartu ini sebagai syarat bagi seorang pemilih menggunakan hak suaranya pindah TPS. (ali/lis)