MUNGKID– Ada cara unik yang dilakukan oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk mengambil dana pemilu dengan aman. Seperti yang dilakukan PPK Grabag yang memakai mobil ambulan.
“Kita sengaja pakai mobil ambulans supaya tidak terlihat mengambil uang dalam jumlah besar,” kata Ketua PPK Grabag M Syaefudin, kemarin.
Pada pemilu presiden ini, PPK Grabag mendapatkan anggaran Rp 1 miliar untuk pelaksanaan pemilu. “Ini sebagai penyamaran untuk mengantisipasi kemungkinan perampokan,” kata dia.
Pihaknya meminjam ambulans milik Komunitas Masyarakat Grabag pada Kamis lalu untuk mengambil uang honor penyelenggara tingkat KPPS dan Linmas hampir Rp 1 miliar dari BRI cabang Muntilan. 
Uang diambil oleh sekretaris dan anggota PPK Grabag dengan pengawalan ketat dua anggota Polsek Grabag. “Alhamdulillah uang honor penyelenggara tingkat dusun se-Kecamatan Grabag dapat didistribusikan. Ini sebagai pengamanan pengambilan uang Pilpres 2014,” kata Syaefudin.       
Dijelaskan sesuai surat KPU no 584/Ses-Kab.012.657431/VI/2014 tentang perintah proses pengambilan dana pendamping pelaksanaan Pilpres 2014 untuk disertakan dengan pengamanan. “Kami berkoordinasi dengan pihak keamanan tentang prosesi tersebut,” kata M Syaefudin.
Menurut Syaefudin awalnya PPK Grabag akan berangkat ke BRI Muntilan menggunakan mobil patroli Polsek Grabag namun ternyata sedang digunakan untuk patroli. PPK Grabag kemudian berinisiatif menggunakan mobil ambulans. (vie/lis)