Salatiga Dijatah 57 Formasi

126

Rekrutmen CPNS 2014

SALATIGA – Harapan Pemkot Salatiga pada 2014 ini bisa dipenuhi semua kebutuhan pegawai tampaknya bertepuk sebelah tangan. Pasalnya, Salatiga hanya mendapat kuota formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) sebanyak 57 formasi. Formasi CPNS sebanyak itu, didominasi lowongan umum.
”Kami berharap formasinya umum semua dan merata. Sehingga bisa mengisi kekosongan PNS di sejumlah SKPD (satuan kerja perangkat daerah) yang jumlahnya cukup banyak lantaran pegawai lamanya telah pensiun,” papar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Salatiga Adhi Isnanto kepada wartawan.
Ia mengaku sejauh ini belum ada penjelasan secara detail mengenai rincian formasinya. Dijelaskan dia, berdasarkan analisis beban kerja 2014, Pemkot Salatiga kekurangan pegawai sebanyak 663 orang. Rinciannya, tenaga guru sebanyak 51 orang, tenaga kesehatan 98, dan tenaga teknis/ administrasi 514 orang. 
Meski demikian, Pemkot Salatiga tidak memiliki kewenangan untuk menentukan jumlah formasi pada rekrutmen CPNS nanti. Sebab kewenangan penetapan kuota formasi CPNS berada di Kementerian PAN dan RB. ”Kami hanya berhak mengajukan usulan formasi baru. Tetapi kuotanya yang menentukan pemerintah pusat,” ujarnya.
Mengenai mekanisme dan teknis pelaksanaan rekrutmen CPNS 2014, Adhi menjelaskan, sesuai ketentuan dari pemerintah pusat, mulai 2014 ini rekrutmen CPNS menggunakan metode computer assisted test (CAT).
Kabag Humas Setda Kota Salatiga Adi Setiarso mengimbau kepada masyarakat untuk tidak percaya kepada broker atau orang yang mengaku bisa memasukkan seseorang menjadi CPNS. Karena dalam rekrutmen CPNS tidak ada model titipan dan sekarang pelaksanaan rekrutmen menggunakan sistem CAT. (sas/aro/ce1)