Raeni Dipilih Jadi Duta Sekolah

110

KENDAL—Dinas Pendidikan akan menjadikan Raeni, lulusan terbaik Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebagai duta sekolah. Rencananya, pada momen masa orientasi siswa (MOS) 14-19 Juli, Raeni akan diajak keliling dari satu sekolah ke sekolah lain.
“Menjadikan Raeni sebagai duta sekolah, untuk memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik. Bahwa biaya pendidikan tidak menjadi kendala dalam meraih prestasi,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kendal, Muryono, Kamis (3/7) kemarin.
Menurutnya, latar belakang keluarga Raeni dari orang sederhana dengan IPK 3,96, sangat layak menjadi duta sekolah. Sebab, selama ini selalu ada stigma di masyarakat bahwa pendidikan maupun prestasi hanya bisa dinikmati orang kaya. “Raeni ini bisa menjadi bukti bahwa keterbatasan bukan halangan untuk meraih prestasi,” tuturnya.
Teknisnya, lanjut Muryono, nanti Raeni bersama Disdik Kendal akan hadir di SMA maupun SMK sederajat di Kendal selama MOS berlangsung. “Targetnya memang siswa baru, agar bisa termotivasi dan bisa ditauladani. Sehingga di Kendal ini akan muncul ribuan Raeni yang bisa memajukan Kendal,” tandasnya.
Namun, kata Muryono, pihaknya tidak memberikan jadwal sekolah mana saja nanti yang akan dikunjungi. Dirinya hanya meminta agar seluruh sekolah SMA/SMK sederajat di Kendal bersiap jika dalam tanggal 14-19 Juli nanti akan kedatangan Raeni. “Jadi nanti setiap hari, bisa dua atau tiga sekolah akan kami kunjungi,” jelasnya.
Sementara itu, Raeni saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya mengaku terharu atas undangan sebagai duta sekolah oleh Disdik Kendal kepada dirinya. “Saya siap memberikan prestasi. Setidaknya agar orang-orang yang lahir dalam kondisi lemah ekonomi bisa tergugah dan termotivasi untuk bisa berprestasi dan tidak usah minder,” katanya.
Raeni mengaku senang jika diberikan kesempatan untuk membagikan ilmu dan pengalamannya kepada masyarakat Kendal. Sebab, cita-cita Raeni, ingin pendidikan di Kendal bisa maju dan teruwujud generasi muda cerdas yang bisa membangun Kendal.
“Saat ini, saya masih mengajar di Unnes. Nanti saya akan minta izin terlebih dahulu kepada pimpinan. Jika diizinkan, saya dengan senang hati mengikuti acara duta sekolah Disdik. Apalagi Kendal adalah tanah kelahiran saya, jadi saya akan memberikan yang terbaik untuk Kendal,” tambahnya. (bud/ida)