Persitema Mulai Persiapan Gelar Uji Coba

103

TEMANGGUNG—Selain latihan rutin yang digelar para punggawa Persitema Temanggung, laga uji coba juga bakal diadakan setelah tahapan pelatihan yang dilakukan dinilai cukup. Namun, informasi tim yang akan menjajal skuad Bambu Runcing hingga kini belum ditentukan. Konsentrasi pada latihan fisik dan strategi, akan diarahkan pada penguatan kerja sama antarindividu dalam tim.
“Kita pasti akan uji coba. Tetapi dengan siapa kita tentukan nanti, yang pasti kita latihan dululah. Banyak yang masih harus dibenahi di libur panjang kompetisi ini,” kata pelatih kepala Persitema, Yopi Riwoe.
Yopi memaparkan, anak-anak binaannya saat ini memang sudah cukup bagus permainannya. Dalam dua laga terakhir telah menunjukkan kekuatan tim berjuluk Ayam Kedu ini tidak dapat diremehkan begitu saja. Namun, meskipun begitu, latihan dan penguatan tetap harus dilakukan. “Kita tetap latihan dan penguatan agar lebih baik lagi,” terang Yopi.
Ia menjelaskan, sebelum uji coba nantinya, anak-anak asuhnya dikonsentrasikan pada pelatihan fisik. Latihan fisik dilakukan dengan memperbanyak maintenance dengan lari dan olah gerak tubuh. Kemampuan individual juga dikonsentrasikan untuk memperkuat skill pemain.
Di samping latihan fisik, terang Yopi, konsentrasi latihan juga dialamatkan untuk kerjasama antarindividu dalam tim. Masing-masing individu dilatih agar saling berkomunikasi strategis, baik dalam satu lini maupun antarlini.
“Kemampuan individu itu kan rata-rata. Tetapi kemampuan kolektif yang dibangun dengan kerja sama antarindividu itu juga yang paling utama,” katanya.
Tim dengan materi pemain yang bagus akan semakin bagus apabila antarpemain mampu bekerja sama dengan baik di lapangan. Pola permainan tim dengan kerja sama yang kuat antarpemain akan menghasilkan pertandingan yang lebih berbobot ketimbang permainan individual. “Di sini kita merasa penting untuk melatih secara kolektif,” tambahnya.
Pihaknya belum mengagendakan kapan melakukan uji coba untuk menjajal sambaran Ayam Kedu dan tim yang akan meladeni kekuatan tersebut. Namun, uji coba menjadi keharusan untuk menjajal setelah rangaian latihan yang digelar. “Kita pasti nanti uji coba, tentang dengan siapa dan kapan waktunya, kita tunggu dari manajemen,” tandasnya. (zah/lis)