Meriah, Buka Puasa Bersama di Tlogomulyo

117

TLOGOMULYO – Program ”Berbagi Buka Puasa, Senyum Ramadan 1435 H” yang digelar Rumah Zakat (RZ) bersama Jawa Pos Radar Semarang kemarin (3/7) dihelat di Musala Al Ikhlas, Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Tlogomulyo, Semarang. Kegiatan yang didukung PT Sriboga Flour Mill (SFM) ini diikuti ratusan jamaah musala setempat.
Acara buka bersama berlangsung meriah, dikarenakan suara riuh anak-anak sekitar yang lebih banyak mendominasi kegiatan yang juga disupport PTPN IX, Perum Perhutani, Bulog Mart serta RS Permata Sari Semarang tersebut. Terlihat beberapa kali anak-anak yang hadir nyeletuk ingin segera makan, karena sebagian dari mereka sudah lapar, setelah seharian berpuasa.
“Mas, makannya kapan? Sudah lapar,” ucap seorang anak kepada panitia dari Rumah Zakat.
Menjelang azan maghrib dikumandangkan, anak-anak tersebut terlihat antusias, dikarenakan nasi kotak yang berjumlah ratusan akan dibagikan kepada mereka. Sebelum pembagian nasi kotak, dilakukan semacam acara simbolis dengan memberikan nasi kotak kepada pengurus takmir musala.
Selanjutnya satu per satu mengambil nasi kotak yang sudah disediakan oleh panitia dengan tertib. Selain anak-anak, para orangtua yang terdiri atas bapak-bapak dan ibu-ibu juga terlihat mengikuti acara tersebut, meski jumlahnya tak banyak.
Salah satu relawan Rumah Zakat, Kemal, mengatakan, acara serupa akan digelar setiap sore menjelang buka puasa selama bulan Ramadan. Selain nasi kotak, warga setempat secara sukarela menyediakan teh hangat gratis, serta buah-buahan yang dibagikan secara cuma-cuma kepada peserta acara buka bersama. Usai acara tersebut, peserta tidak lantas meninggalkan musala, namun melanjutkan salat maghrib berjamaah.
Ketua Takmir Musala Al Ikhlas Suhartono mengatakan, kegiatan buka bersama yang digelar kemarin dapat menimbulkan rasa kebersamaan di antara para jamaah di musala yang dipimpinnya. “Sangat bermanfaat. Warga jadi guyub, dan bisa menikmati buka puasa bersama-sama,” kata Suhartono. (mg1/aro)