Apakah Mengupil Membatalkan Puasa?

197

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum Wr Wb. Saya pernah mendengar bahwa memasukan sesuatu ke lubang anggota badan di bulan puasa seperti telinga, hidung dan sebagainya dapat membetalkan puasa. Pertanyaan saya, apakah mengupil di bulan puasa dapat membatalkan puasa? Demikian pertanyaan saya, terimakasih atas jawaban dan penjelasan bapak. Wassalamu’alaikum salam Wr. Wb.
M. Zuber, Sampangan +6285727983xxx

Jawaban:

Wa’alaikum salam Wr Wb. Bapak M. Zuber di Sampangan yang selalu diridhoi Allah swt. Seperti yang telah kita ketahui bersama, segala ibadah mahdhoh seperti sholat, zakat, haji dan puasa itu ada tata caranya. Diantaranya ada hal-hal yang menyebabkan ibadah tersebut batal. Adapun hal-hal yang membatalkan puasa, diantaranya; memasukkan sesuatu kedalam lubang rongga badan dengan sengaja, seperti makan, minum, merokok, memasukkan benda ke dalam telinga atau ke dalam hidung hingga melewati pangkal hidungnya. Tetapi jika karena lupa, tiadalah membatalkan puasa. Suntik di bagian lengan, paha, punggung atau lainnya yang serupa, yakni yang bukan melalui lubang rongga badan juga tidak membatalkan puasa.
Terkait dengan pertanyaan bapak, mengupil itu tidak akan membatalkan puasa selama tangan atau benda lain yang masuk ke dalam hidung tidak sampai melewati pangkal hidung. Begitu juga memasukkan benda ke dalam telinga.
Hal lain yang membatalkan puasa adalah muntah dengan sengaja, wanita yang haidl atau nifas haram mengerjakan puasa, tetapi wajib mengqadha sebanyak hari yang ditinggalkan waktu haidh dan nifas. Selanjutnya jima’ pada siang hari atau pada waktu fajar shadiq telah nampak dan gila walaupun sebentar. Lalu mabuk atau pingsan sepanjang hari serta murtad, yakni keluar dari agama Islam. Demikian jawaban dari saya semoga ini bisa memberikan manfaat dan barakah. Wallahu a’lam bishshowab. (*)