PEDURUNGAN – Langkah mantan Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih mendukung pasangan Prabowo Subianto–Hatta Rajasa membuat sejumlah pendukungnya kecewa. Sejumlah pendukung yang tergabung dalam relawan Bolo Rustri dan Sedulur Rustri kecewa dan memilih mendukung capres Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK).
Aksi pembangkangan dilakukan ratusan relawan Bolo Rustri dan Sedulur Rustri dalam  bentuk deklarasi dukungan terhadap Jokowi-JK. Deklarasi pertama akan dilakukan Kamis (3/7) oleh ratusan anggota Bolo Rustri dan Sedulur Rustri wilayah Jateng bagian Tengah. Wilayah ini terdiri atas Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Temanggung dan Wonosobo. Deklarasi akan digelar terpusat di Banjarnegara.
Relawan Bolo Rustri dan Sedulur Rustri Daniel Teguh Ismanto mengatakan, ia dan teman-temannya kecewa dengan langkah Rustri yang mengesampingkan ideologi dalam mendukung capres. ”Deklarasi merupakan bentuk kekecewaan dan kagetnya kami terhadap langkah Bu Rustri. Dalam tataran ideologi, saya agak kaget dan tidak menyangka Bu Rustri meninggalkan PDIP. Apalagi hari ini dikabarkan Bu Rustri akan mendampingi cawapres Hatta Rajasa keliling Jateng,” katanya.
Sementara itu Sekretaris Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Fadli Zon mengatakan sosok Rustri sangat berpengaruh terhadap percaturan politik di Jateng lantaran memiliki loyalis dengan jumlah yang tak sedikit. Bahkan, Rustri di mata Fadli adalah sosok politisi militan yang bisa diandalkan.
Meski Rustri belum secara langsung mendeklarasikan dukungannya pada Prabowo, namun komitmen Rustri lah yang dipegang oleh pihaknya. Bahkan, besok sebelum pilpres akan ada banyak agenda Rustri bersama Hatta Rajasa di Jateng. ”Pengaruhnya jelas ada, karena Rustri punya jaringan dan massa yang cukup kuat,” tandasnya di sela kunjungan ke Semarang, kemarin.
Sedangkan Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Heru Sudjatmoko enggan menanggapi lebih lanjut langkah Rustri itu. Heru juga belum berencana menemui Rustri. (ric/ton/ce1)