KENDAL – Lima kawanan pencuri spesialis mobil boks yang biasa beraksi di jalur pantura diringkus tim Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Kendal. Dari lima orang tersebut, dua berhasil ditangkap dan tiga lainnya melarikan diri.
Tiga pelaku yang kabur kini dalam pengejaran petugas kepolisian. Sedangkan dua pelaku kini ditahan di Mapolres Kendal. Dari dua pelaku, polisi berhasil menyita satu unit mobil boks. Para pelaku mengaku sasaran utamanya memang mobil boks yang di parkir di tepi jalan ataupun rumah makan. Alasannya, mobil boks mudah karena tidak memiliki kunci pengamanan ganda atau suara alarm jika pintunya dibobol. Mobil boks yang berhasil dibajak kemudian dijual kepada beserta isinya.
Dua pelaku yang  berhasil dibekuk adalah Anggit Sukartono warga Watukumpul Pemalang dan Cahyadi Irawan warga Palembang. Keduanya ditangkap usai mencuri sebuah mobil boks yang diparkir di pinggir jalan lingkar Kaliwungu Kendal. Sementara tiga pelaku lainnya berhasil kabur saat dilakukan penangkapan di wilayah Bandungan Semarang.
“Modus kawanan pencuri ini, yakni membobol pintu dan kunci kontak dengan kunci T. Namun sebelum aksi dilakukan, pelaku memastikan dulu bahwa mobil dalam keadaan aman dari pantauan sang pemilik,” kata Kasat Reskrim Polres Kendal, Iptu Fiernando Andriansyah. (bud/ric)