Fatonah Ismangil dikenal sosok yang tak bisa diam. Banyak aktivitas dilakoninya baik di kantor, organisasi sosial maupun di radio yang dikelolanya. Bahkan ibu dua anak ini juga masih mengajar di perguruan tinggi.
Sehari-hari ia sebagai Kasubbag Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Bagian Humas Setda Kabupaten Wonosobo. Selain rutinitasnya sebagai PNS di Humas, alumni Ilmu Komunikasi FISIP Undip, juga sibuk mengurus persiapan peringatan Hari Jadi Ke-189 Kabupaten Wonosobo bersama timnya.
Di tengah kesibukan dan mobilitasnya yang tinggi, istri Bimo Sasongko yang gemar menulis ini juga selalu berusaha menjaga stamina apalagi saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.
Agar tetap bugar dan terlihat segar ia punya tips khusus. Yakni berusaha selalu berpikir positif, mengurangi pikiran dan perasaan yang kurang penting. Juga selalu berusaha tersenyum, memenej pekerjaan sebisa mungkin agar tidak menyulitkan diri sendiri, dan tubuh jadi tidak gampang lelah.
“Merasa capek itu wajar, pikiran penat juga wajar. Kadang saat menghadapi persoalan emosi juga bisa terpancing, tetapi semua bisa dikelola asal kita berusaha berpikir positif,“ tuturnya.
Lanjut dia, mengelola komunikasi dengan orang lain, salat dan berzikir, menjadi cara yang dipilih supaya bisa bekerja tenang dan sabar sekaligus menjaga silaturahmi.
Di samping itu, perempuan yang juga menjabat Direktur Umum LPPL Radio Pesona FM tersebut mengaku saat berbuka dan sahur makan secukupnya tidak berlebihan.
Istirahat yang cukup juga sangat membantu menjaga stamina meski di rumah juga harus mengerjakan pekerjaan rumah dan menemani anak. “Komunikasi dan kerja sama yang baik dengan suami juga sangat berpengaruh pada psikis kita. Apalagi saat menghadapi anak-anak, “ tutur wanita yang suka bepergian dengan jalan kaki yang disebutnya by sikil itu.
Dengan cara demikian, hubungan dengan keluarga tetap harmonis meski frekuensi bertemu di rumah bisa dibilang sangat minim. (lis)