SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang berencana menambah dua rangkaian kereta untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama arus mudik dan balik lebaran tahun 2014.
Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan, dua rangkaian kereta tersebut rencananya akan digunakan untuk rute Jakarta – Semarang dan Jakarta – Kutoarjo, khususnya untuk kelas ekonomi AC. Rangkaian kereta yang dibeli oleh PT KAI dari INKA beberapa waktu lalu itu terdiri dari 10 gerbong setiap rangkaiannya, dengan kapasitas 80 orang per gerbong.
“PT KAI rencananya membeli dua rangkaian gerbong untuk jalur Semarang – Jakarta dan Jakarta – Kutoarjo. Tapi slot waktunya belum ditentukan sampai saat ini. Yang pasti penambahan ini lantaran permintaannya yang masih cukup tinggi kedua jalur tersebut,” katanya, kemarin.
Menurut Suprapto, pada masa arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, jumlah penumpang kereta api di wilayahnya diprediksi mencapai 2.043.000 orang. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan pada arus mudik dan balik Lebaran tahun 2013 lalu yang mencapai sebesar 2.016.000 orang. “Memang ada peningkatan tahun ini, tapi tidak besar, hanya 1,01 persen dibanding tahun lalu. Peningkatan ini karena PT KAI memang membatasi jumlah penumpang sesuai dengan daya tampung kereta saat ini,” ungkapnya.
Suprapto menambahkan, tiket selama arus mudik Lebaran dan balik Lebaran tahun 2014 ini mayoritas sudah terjual. Saat ini, tiket kereta untuk jurusan Semarang – Jakarta dan sebaliknya pada masa arus mudik dan balik Lebaran telah terjual hingga 90 persen. Namun demikian, masih ada tanggal – tanggal tertentu yang tersedia untuk penumpang. “Memang untuk tanggal-tanggal favorit arus mudik sudah habis terjual. Tapi untuk tanggal tertentu masih ada. Penumpang bisa menghubungi call centre 121 sebelum melakukan pembelian,” imbuhnya. (aln/jpnn/smu)