MAGELANG –Banyak orang yang menggunakan kesempatan untuk berbuat kriminal. Salah satunya menjambret seperti yang dilakukan dua tersangka yang tertangkap di kosnya Ngentak, Gelangan, Magelang Tengah ini. Para tersangka adalah Hasanuddin bin Musafak alias Kucing, 34, warga Dusun Petugan, Jebengsari, Salaman, Kabupaten Magelang dan Ahirin alias Ragil bin Mujioti, 26, warga Dusun Karangwetan, Kalijero, Salaman, Kabupaten Magelang. Meski pernah dihukum, namun Hasanudin tidak jera untuk kembali berurusan dengan polisi.
Kapolres Magelang Kota AKBP Tommy A Dwianto melalui Kasubag Humas AKP Esti Wardiani mengatakan, tahun ini Hasanudin melakukan dua kali penjambretan di lokasi berbeda. Pertama 13 April di Jl Rambutan Perum Citra Mandiri, Dusun Ngembik Magelang Utara pukul 06.45 WIB.
Pelaku menjambret kalung emas milik korban Musayadah, 53, pedagang warga Kampung Cacaban Barat, Kelurahan Cacaban, Kota Magelang. “Pelaku berpura-pura menanyakan alamat, saat korban lengah lantas merebut kalung korban secara paksa,” katanya (30/6).
Kurang dari satu bulan, mereka berdua berboncengan kembali dan melakukan aksi yang sama dengan modus yang sama pula. Penjambretan dilakukan 7 Mei 2014 di Jl Gatot Subroto Magelang pukul 08.30 WIB dengan korban Nurhayati, 58, warga Jl Nangka 1 Kalinegoro, Kabupaten Magelang. “Kalung emas seberat 8 gram berhasil dibawa kabur pelaku,” katanya.
Selasa (24/6) korban Nurhayati melaporkan kejadian yang menimpanya beberapa waktu lalu ke polisi. Kemudian dengan cepat aparat langsung menindaklanjuti laporan korban. “Berdasarkan saksi mata dan keterangan korban, pelaku berhasil tertangkap malam itu juga. Tidak ada perlawanan dari pelaku saat penangkapan itu. Mereka dijerat pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan,” tegasnya. (mg4/lis)