DEMAK-Operasi terhadap penyakit masyarakat (pekat) yang dijalankan aparat Polres Demak, polisi berhasil menyita sebanyak 90 liter minuman keras (miras) oplosan, sekitar 300 botol miras, serta ribuan petasan (mercon) berbagai jenis. Operasi dipimpin langsung Kabagops Kompol Rusdi Batubara.
Kapolres Demak AKBP Raden Setijo Nugroho melalui Kasubag Humas AKP Sutomo mengatakan, miras oplosan diperoleh saat razia di warung remang-remang jalan lingkar Selatan Kota Demak. Miras yang ditempatkan dalam jerigen tersebut ditaruh di areal persawahan. Karena itu, saat dicek petugas, pemilik warung tidak mau mengakui keberadaan miras itu. Sedangkan, untuk botol miras didapatkan dari berbagai warung di beberapa kecamatan.
Khusus petasan diperoleh saat operasi dilakukan di Desa Bungo, Kecamatan Wedung dan di sekitar Pasar Mranggen, Kecamatan Mranggen. Di Desa Bungo, petugas dari Polsek Wedung yang dipimpin Kapolsek AKP Zamroni menemukan petasan disimpan di pekarangan, tepatnya di bawah pohon bambu. Di tempat tersebut sedikitnya ada 700 petasan jenis segitiga dan sekitar 2.600 jenis cabe rawit. Ditemukan pula 1 karung bahan kertas untuk membuat petasan dan 300 selongsong yang sudah jadi. “Kami gencarkan operasi miras dan petasan supaya tidak mengganggu jalannya puasa Ramadan warga,” ujarnya. (hib/ida)