Penjualan Motor Matik Meningkat

65

MAGELANG – Tahun ajaran baru berdampak positif pada penjualan sepeda motor. Terbukti selama bulan Juni kemarin permintaan sepeda motor cukup tinggi. Hal itu diakui Sales Office Head Astra Motor Magelang, Pandu Pribadi. Sejak bulan Mei lalu penjualan mengalami peningkatan dibanding bulan-bulan sebelumnya. “Setiap tahun ada peningkatan penjualan, dan ini terlihat mulai bulan Mei hingga Agustus,” katanya kepada Radar Kedu (30/6).
Penyebabnya adalah tahun ajaran baru, biasanya banyak orang tua yang membelikan sepeda motor untuk anaknya yang sudah SMA ataupun masuk kuliah. “Biasanya yang beli untuk kebutuhan anak sekolah, bahkan ada pula yang membeli karena memasuki usia kerja,” imbuhnya.
Ia menyebutkan, penjualan bulan Mei terjual sekitar 360 unit sepeda motor. Jenis Beat yang mendominasi. “Bodinya ramping dan simple, untuk pemula pengguna matik memang lebih memilih ini ketimbang jenis Vario,” terangnya.
Namun demikian, Vario juga cukup banyak diminati terutama dengan segmentasi kalangan yang sudah mapan, ataupun yang sudah berpengalaman menggunakan matik. “Matik tahun ini masih jadi tren, sehingga untuk jenis ini juga cukup banyak diminati,” ujarnya.
Dalam bulan Juni, pihaknya mampu menjual 400 unit sepeda motor dengan berbagai jenis. “Biasanya bulan Juli adalah puncak penjualan. Target pasar di Kota Magelang untuk bulan Juli mencapai 2.500 unit,” ungkap Pandu sembari menambahkan outlet di Kota Magelang di Jalan Jenderal Sudirman Karanggading.
Menurutnya, konsumen yang membeli sepeda motor di outletnya lebih banyak menggunakan sistem cash. Selain tidak ribet, tidak ada suku bunga yang ditanggung pembeli. “Perbandingannya 40 : 60 persen. Sebanyak 40 persen untuk pembelian secara kredit, sedangkan 60 persen secara cash,” paparnya. (mg4/lis)

Silakan beri komentar.