Aliefya Fadhila Ramadhani, 17, mengaku belajar tak sekadar untuk meraih nilai tinggi dalam mata pelajaran sekolah maupun menduduki rangking teratas. Dia merasa harus melengkapi diri dengan life skill atau pendidikan kecakapan hidup.
Karena itu, Aliefya juga mendalami melukis, jurnalistik, dan desain. Berbagai pengetahuan tambahan ini diyakini akan sangat berguna bagi masa depan siswa SMA Negeri 1 Kota Magelang tersebut.
Remaja kelahiran Kota Muntilan 16 Januari 1997 itu mengaku banyak aktif di kegiatan OSIS dan ekstrakurikuler sekolah. Baru-baru ini, ia juga menjadi panitia pertemuan pengurus OSIS se-Provinsi Jawa Tengah. 
“Saya banyak belajar dari mendesain layout mading sekolah. Kebetulan saya juga pengurus redaksi berita Smansa (Sibema) jadi harus mendesain mading,” kata Aliefya.       
Soal prestasi, Aliefya tak kalah dengan siswa lainnya. Semasa bersekolah di SMP Muhamadiyah Plus Gunungpring, ia berhasil menjadi juara 1 Lomba Poster tingkat Kabupaten Magelang. Hingga kini, remaja ayu ini masih suka latihan melukis sendiri.       
Di bidang akademik, Aliefya lulus dari SMP Muhamadiyah Plus dengan nilai UAN sangat memuaskan yakni 39,35 dari empat mata pelajaran. Ia memeroleh nilai 10 untuk matematika, bahasa Indonesia 9,8 bahasa Inggris 9,8, dan IPA 97,5.
Dia juga telah mengikuti National Olympiad And International Conference On Education Technology And Science (Net’s) 2013 tingkat SMA/MA/SMK yang digelar Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Dalam even itu, dia berhasil menggondol juara 3 Net’s 2013 bidang kimia. Atas prestasinya ini, Aliefya membawa pulang hadiah dan piagam penghargaan yang ditandatangani Rektor Universitas Muhamadiyah Purwokerto H Syamsuhadi Irsyad MH. (vie/lis)