TEMBALANG – Universitas Pandanaran (Unpand) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata tahun akademik 2013/2014. Tim KKN dilepas Rektor Unpand Erwin Dwi Edi Wibowo di kampus setempat, baru-baru ini.
Erwin mengatakan, kegiatan dilaksanakan di 3 lokasi, yaitu di Desa Betahwalang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak, Desa Girirejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang, dan Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Kota Semarang. ”Biaya bersumber dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi  (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan  berupa hibah, sehingga mahasiswa peserta KKN tidak dibebani dengan pembayaran biaya KKN. Bahkan, mereka mendapatkan living cost selama tinggal di lokasi KKN,” papar Erwin.
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Anief Rufiyanto berharap program yang akan dilaksanakan benar-benar mampu memberdayakan masyarakat setempat sesuai dengan potensi yang ada di tiap lokasi, sehingga akan menghasilkan peningkatan kesejahteraan dan taraf kehidupan masyarakat. ”Sesuai dengan tema KKN kali ini yaitu program pemberdayaan masyarakat, maka kegiatan akan dikonsentrasikan kepada upaya memberdayakan masyarakat setempat,” jelasnya. (mg1/ton/ce1)