Hari Ini Perdaftaran Dimulai

195

SEMARANG – Menyambut HUT Republik Indonesia ke-69, Jawa Pos Radar Semarang bersama Pemerintah Kota Semarang menggelar ‘Lomba Gapura Kampung’ antar RT/RW se-Kota Semarang. Event yang didukung oleh Semen Indonesia dan Perusahaan Gas Negara (PGN) ini disambut antusias para calon peserta.
Hari ini, pendaftaran lomba yang digagas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ini dimulai. Pendaftaran berlangsung selama lima hari saja, mulai 1-5 Juli 2014.
Untuk mendaftar, adalah melalui kelurahan masing-masing. Sebab satu kelurahan memang hanya diberi kuota satu peserta saja. Jadi kelurahan setempat yang menunjuk satu gapura di wilayahnya, atau RT/RW/kampung setempat yang bersinisiaf mengikuti lomba dnegan berkoordinasi dengan kelurahan masing-masing. “Memang peserta hanya dibatasi satu gapura di tiap kelurahan. Jadi lomba ini akan diikuti oleh 177 gapura, mewakili 177 kelurahan di Kota Semarang,” ujar Sugiyanto Wiyono, sekretaris panitia lomba.
Harsoyo, salah satu ketua RT di Plamongan Indah, di wilayah Kelurahan Plamongansari, mengaku sangat berminat mengikuti event ini. Di wilayahnya, ada gapura yang dibangun sejak beberapa bulan ini atas inisiatif dan swadaya warga. “Gapura kami benar-benar milik warga, dibangun dari dana warga. Sekarang jadi gapura terbagus di Plamongan. Saya akan segera berkoordinasi dengan Pak Lurah agar gapura kami yang diikutkan,” ujarnya.
Asisten II Sekda Kota Semarang Ayu Enthis mengatakan, event ini akan membuat perayaan HUT RI di Kota Semarang makin meriah dan semarak. Sudah lama lomba gapura tidak digelar di Kota Semarang. Dulu, tiap kali perayaan HUT RI atau dikenal dengan “17 Agustusan”, masyarakat tanpa dikomando menghias gapura di kampungnya masing-masing. Gapura dicat, dihias, dipasangi lampu-lampu dan pernak-pernik lain yang membuat perayaan HUT RI menjadi sangat berkesan. Namun akhir-akhir ini kebiasaan yang mempertebal rasa nasionalisme warga itu menghilang.
“Karena itulah, Bapak Wali Kota menggagas lomba tersebut. Ini akan membuat perayaan HUT RI di Kota Semarang akan meriah. Kami berharap tiap kelurahan untuk segera mewakilkan pesertanya, dan dengan antusias mengikuti lomba ini,” ujarnya. (smu)