Atlet Muda Semarang Cukup Menjanjikan

180

SEMARANG – Dua petenis meja, R Gusti dan Bagus berhasil menjuarai Empu Sendok Cup II 2014 di Balai Kelurahan Gedawang Banyumanik, akhir pekan lalu. Gusti yang berasal dari Persatuan Tenis Meja (PTM) Pudakpayung juara di kelompok divisi putra. Sedangkan Bagus dari YP Temanggung di kelompok non-PON.
Di final, Gusti mengalahkan Pujo asal PTM Gotong Royong dengan kemenangan 3-1 (11-9, 11-8, 7-11, 11-7). Pujo sempat membuka peluang untuk juara setelah merebut set ketiga. Sayang, smash keras yang terus dilancarkan Gusti membuat Pujo bertekuk lutut di set keempat. Gusti pun keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1.
Wakil dari Semarang lainnya, Hardin juga berpeluang menyabet juara di kelompok non-PON. Petenis meja yang membawa bendera PTM Bea Cukai Jateng itu bertarung sengit dengan Bagus di partai puncak. Tertinggal lebih dulu di set pertama 6-11, dia menyamakan kedudukan 1-1 dengan memengi set kedua 11-7.
Set kelima atau penentuan harus ditempuh, setelah masing-masing merebut set kempat dan kelima, 11-9, 9-11. Herdin harus mengakui ketangguhan lawannya setelah menyerah di set penentu dengan kemenangan 15-13. Bagus keluar sebagai juara dengan keemenangan 3-2.
Ketua Panitia Riyadi mengatakan, persaingan ketat sudah terjadi sejak babak penyisihan. Mereka yang tampil di final merupakan yang terbaik dari sekitar 150 atlet yang berpartisipasi. Tidak hanya dari Semarang, petenis meja dari luar daerah juga ambil bagian, seperti Demak, Kudus, Ambarawa, Temanggung dan Pekalongan. ”Jumlah peserta lebih banyak dibandingkan tahun lalu, mencapai 150 atlet. Di babak awal, menggunakan sistem grup. Di babak kedua langsung menerapkan sistem gugur,” sambungnya.
Sementara itu, Ketua PTM Empu Sendok, Benu S menambahkan, tujuan dari kegiatan ini untuk memasyarakatkan dan menggairahkan tenis meja di Semarang. Harapannya, muncul atlet-atlet muda yang nantinya dapat membela Semarang di event tingkat nasional. ”Kejuaraan kali ini semakin meriah setelah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya Munadi yang menjadi direktur Indo Java Merdeka dan anggota Kodim 0733/BS Semarang. Tahun depan, kami akan menambah nomor yang dipertandingkan,” tandas Benu. (bas/smu/ce1)