SEMARANG – Kota Semarang hanya berhasil menyabet satu gelar juara di turnamen sepak bola antar-SSB So Nice Cup 2014, yakni tim SSB Tugu Muda Semarang yang berhasil menyabet gelar juara di Kelompok Umur (KU) 2002. Pada final yang digelar di Stadion Citarum Semarang kemarin, anak-anak Tugu Muda berhasil menang 2-0 atas SSB Harbi Samarinda.
Kemudian di KU lain yaitu KU 2001 SSB Widodo Cahyono Putro (WCP) Gresik berhasil menjadi juara setelah menekuk SSB Terang Bangsa Semarang di final. Pada KU 2004, SSB Damar Cakti Bali juga berhasil menjadi yang terbaik disusul SSB SSS Semarang di peringkat kedua dan SSB Tugu Muda Semarang di peringkat ketiga.
Terakhir di KU 2003, SSB Bonansa Solo akhirnya berhasil menyabet gelar juara setelah di final kemarin berhasil menumbangkan SSB Damar Cakti Bali dengan skor 3-0. Sementara SSB SSS Semarang berhasil meraih juara ketiga setelah mengalahkan SSB Kudus United dengan skor 3-1. “Untuk KU 2001 dan 2004 memang ada tiga tim dan final menggunakan sistem segitiga setengah kompetisi. Sedangkan untuk KU 2002 dan 2003 menggunakan sistem final biasa dua tim terbaik,” beber Ketua Panitia, Sartono Anwar.
Kejuaraan tahunan itu sendiri total diikuti oleh 104 tim dari sekitar 80 SSB yang datang dari penjuru Indonesia. Tak hanya dari Semarang tapi juga dari Jogjakarta, Solo, Surabaya, Jakarta, Bali, Samarinda bahkan Papua juga ikut serta. “Kita bisa lihat kualitas tim-tim SSB untuk musim ini lebih kompetitif. Terutama di KU 2004 kualitas bibit-bibit pemain sepakbola yang ada di Jateng dan daerah lain sudah sangat terlihat,” pungkas Sartono Anwar. (bas/smu)