Gali Budaya Lokal Pentaskan Tari Sigrak Penggalang

132

Kontingen Wonosobo Raih Juara Bidang Seni Budaya di Jambore Daerah

Kontingen asal Wonosobo meraih juara satu bidang seni budaya, dalam Jambore Daerah (Jamda) SD/MI Ke 3 Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah. Pengumuman disampaikan kemarin (26/6) dalam penutupan Jamda di Lapangan Kalianget Wonosobo.

Kontingen Wonosobo  yang meraih prestasi tersebut, terdiri dari perwakilan SD Sumberwulan Selomerto, SD 5 Wonosobo, SD 1 Wonosobo dan MI Surengede Kertek. Prestasi diraih setelah peserta mampu menggali budaya lokal dengan dipadu semangat Dasa Dharma Pramuka dengan suguhan pentas Tari Sigrak Penggalang.
Ketua Kwarcab Wonosobo Maya Rosida, menyambut positif raihan tersebut, sembari berharap, apa yang diperoleh kali ini bisa mejadi pelecut semangat para siaga di seluruh Gugus Depan di Wonosobo.
“Meski hanya tampil sebagai juara di bidang seni budaya, namun penghargaan ini memiliki arti besar sebagai upaya berkelanjutan,”katanya.
Maya menyebutkan, pihaknya terus berupaya merevitalisasi gerakan pramuka, sehingga tujuan utama sistem pendidikan karakter dan kepanduan melalui pramuka bisa tercapai.
“Dengan menunjukkan gerakan nyata melalui kreativitas dan inovasinya, guna menyelaraskan gerakan pramuka dengan dinamika masa kini maupun dengan perkembangan dan kemajuan zaman,” paparnya.
Sementara Wakil Ketua Kwarda Jawa Tengah Kartono, meminta agar prestasi yang telah diperoleh para siaga selama Jamda, tidak hilang begitu saja. Tapi bisa diaktualisasikan dan ditindaklanjuti dalam kehidupan sehari-hari mereka sesuai semangat Dasa Dharma Pramuka.
“Sikap disiplin, kerja sama dan tanggung jawab sebagai seorang pramuka, yang dalam Jamda kali ini dikemas dalam bentuk permainan yang santai namun penuh edukasi,” tuturnya.
Kartono juga meminta setelah mengikuti Jamda ini, peserta bisa tampil lebih mandiri. Ceria, disiplin, lebih berani, patuh pada ayah bunda, dan menjadi teladan bagi lingkungan. Dengan menjadi remaja yang aktif, kreatif, dan energik serta menjauhi kegiatan yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan,
“Melalui Jamda kali ini bisa menjadikan gerakan pramuka lebih maju dan tetap lestari, khususnya di Jawa Tengah,”tegasnya.
Dalam penutupan  kemarin malam, selain pemberian penghargaan, acara juga dimeriahkan dengan penyulutan api unggun besar oleh Kartono dan Maya Rosida dari panggung serta pesta kembang api. (ali/lis)