MAGELANG-  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan kerja sekaligus nostalgia di Akademi Militer Magelang (Akmil), Rabu (25/6) kemarin. Dalam kunjungannya ke Magelang, SBY menyempatkan mendaki Bukit Tidar setinggi 503 meter dpl.
Di puncak Bukit Tidar, SBY bersama istri menanam pohon kalpataru. Itu sebagai bukti bahawa dirinya peduli dengan lingkungan. “Tidak hanya di sini saja saya peduli lingkungan, namun di seluruh Indonesia dan dunia,” katanya.
SBY mengaku, tradisi mendaki puncak Tidar bagi taruna merupakan ikrar keyakinan tekad dan jiwa korsa mereka. “Saya senang sekali bukit ini masih terjaga lingkungannya. Bukit ini juga merupakan nostalgia saat saya menjadi taruna Akmil tahun 1970 hingga 1973. Bukit Tidar ini adalah pakuning tanah Jawa, dan sebagai tempat diikrarkannya semangat taruna,” paparnya kepada media.
Usai menanam pohon, SBY menyaksikan pertunjukkan marching band para taruna dari Genderang Seruling Canka Lokananta di Stadion Saptamarga Akmil. Bahkan, SBY juga berkesempatan memainkan bass drum dan disaksikan oleh Ibu Negara Ani. “Ayo yang difoto yang main marching band , jangan saya yang difoto,” kata Ani sambil tersenyum kepada sejumlah awak media yang berusaha mengambil gambar dirinya saat melihat sang suami bergabung dengan marching band.
Sementara itu, Kapenhumas Akmil, Letkol CAJ Supriyatno mengatakan, agendanya, SBY akan memberikan pengarahan kepada taruna dan siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karir (Diktamapa PK) TNI. “Setelah itu SBY juga mengunjungi beberapa tempat di dalam kompleks Akmil, seperti meninjau Monumen Lokananta, Museum Abdul Djalil, perpustakaan, flat (asrama) taruni hingga paviliun 5 di mana SBY pernah ditempa menjadi serma tutar,” tandasnya (mg4/lis)