Garuda Jaya Kuasai Pemula, SYP Dominasi Usia Dini

331

PURWOREJO -Kegiatan turnamen bulutangkis Djarum Foundation PBSI Cup V Purworejo 2014 resmi ditutup Rabu (25/6) petang kemarin di GOR GSH di Jalan Kemuning Purworejo Kota.
Setelah melalui tiga hari pertandingan, hasil juara mencatatkan klub Perkumpulan Bulutangkis (PB) Garuda Jaya Purworejo, PB Sinergi dan PB Sadewa Yunior Purworejo atau SYP, sukses memperoleh sejumlah peringkat juara di kategori kelompok umur (KU).
Dari tiga klub yang eksis dalam pembinaan atlet bulutangkis muda ini, PB Garuda Jaya lebih unggul dalam jumlah juara yang berhasil diraih. Yakni dengan mengumpulkan 18 peringkat juara. Sementara, PB Sinergi mendapatkan 8 juara, dan PB Sadewa Yunior Purworejo mengoleksi 6 juara.
Dari perolehan juara tiga klub tersebut, PB Garuda Jaya tampil menonjol di kelas pemula, baik putra maupun putri. Di bagian putra, klub pimpinan Toto Raharjo ini menempatkan tiga atletnya di babak semifinal. Yakni Rizky Adi Kurniawan, Yogi Wicaksono dan Katon Enggar Pranandhiko. Namun sayangnya, peringkat pertama tunggal pemula putra berhasil disabet oleh wakil PB Abimanyu Oliver Matthew Setiawan. Di partai final, Oliver sebagai unggulan unggulan dua berhasil mengalahkan unggulan satu Rizky Adi Kurniawan 21-16, 21-15.
Adapun di bagian putri, PB Garuda Jaya sukses memborong semua semifinalis. Ditempati oleh Ananda Cahya Trisna Putri, Septia Putri Afghanis, Shafa Fabillah Arianti dan Nabila Shofiyana. Pertemuan laga final antara Nabila dengan Septia, dimenangkan oleh Ananda dengan skor 21-11, 21-18.
Sementara itu, PB Sadewa Yunior Purworejo yang mengoleksi 6 peringkat juara, masih menunjukkan dominasinya di kelas usia dini. Di bagian putra, klub asuhan Saiful Rohman ini menguasai partai final. Melangsungkan laga antara pemain unggulan satu Fahrezi Danar Syahputra dengan pemain non unggulan Makhful Nurhidayat. Pertarungan derby ini akhirnya dimenangkan oleh Fahrezi dengan skor ketat 21-17, 21-17.
Namun penampilan Makhtul ini patut diapresiasi, karena sebagai pemain nonunggulan ia mampu melaju hingga ke babak final. Meski akhirnya harus mengakui keunggulan rekan satu klubnya. Pelatih Kepala PB Sadewa Yunior Purworejo Saiful Rohman mengungkapkan, Makhful menjadi kejutan istimewa yang dicatatkan klubnya pada kejuaraan kali ini. “Basic teknik dan powernya bagus. Dengan latihan yang lebih intens, Makhtul akan siap dalam jajaran para pemain unggulan,” ujar Saiful, usai penerimaan tropi, Rabu petang kemarin.
Prestasi Makhful paling dramatis dalam laga menuju final, adalah saat ia mengalahkan pemain unggulan dua Rafa Putra Arianda dari PB Sinergi di babak semifinal. Pertandingan ini berlangsung semarak, dengan dukungan supporter masing-masing klub.
Pada akhirnya, Makhtul mampu menundukkan Rafa dengan poin yang lumayan ketat yakni 21-15, 21-19.
Sedangkan di bagian putri, PB Sadewa Yunior Purworejo mewakilkan Sophieana Adiel Oriole sebagai juara dua dan Dania Ramadhanti di peringkat tiga bersama. Sophieana sebagai unggulan dua masih harus mengakui kemampuan unggulan pertama Ardelia Prabaningrum (PB Garuda Jaya), saat keduanya bertemu di final. Sophieana takluk dengan skor 15-21, 22-24. (fiq/lis)