Coca-Cola Perangi Sampah Pantai Bali

146

SEMARANG – Festival Bali’s Big Eco Weekend (BBEW) yang paling ditunggu di Bali, kembali digelar tahun ini. BBEW yang digelar kali pertama tahun 2008, didesain khusus untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai Bali, karena pantai Bali merupakan aset yang harus dilindungi.
Menurut Corporate Comunication PT Coca Cola Sekar Purwanto, tahun ini BBEW diadakan di Pantai Padma, Legian dan Uluwatu. Acara akan dihadiri Miss Earth Indonesia Nita Sofiani dan Miss Eco Tourism Indonesia Yossico Stephanie, serta para atlet selancar ternama dunia seperti Mark Richards, Jake Paterson, Craig Anderson, Matt Hoy, Freddy Patacchia dan Sally Fitzgibbon.
“Sampah terus menjadi masalah serius di Pulau Dewata, mengingat sampah tidak hanya berasal dari penduduk setempat, tetapi juga populasi Indonesia yang terus berkembang pesat. Sampah di area pantai Seminyak, Legian, dan Kuta selama periode 22 Desember 2013 hingga 15 Januari 2014 keseluruhan mencapai lebih dari 1.000 ton, dan bahkan meningkat 200 persen setiap harinya. Pada bulan Maret 2014, media Amerika Huffington Post ikut menyoroti situasi sampah ini dalam artikel berjudul ‘Why You Should Take Bali Off Your Bucket List’. Karena itulah Coca-Cola terus mengkampanyekan gerakan menjaga kebersihan pantai Bali dari sampah,” jelasnya.
Sejak tahun 2008, Coca-Cola Amatil Indonesia, Quiksilver, dan Garuda Indonesia telah bekerjasama dalam menciptakan program Bali Beach Clean Up, dengan mengajak 75 pekerja lokal membersihkan sampah di 5 pantai ikonik Bali setiap harinya (Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran, dan Kedonganan). Dari hasil kerja keras tersebut sampai sekarang telah mengumpulkan lebih dari 24 juta kilogram sampah. Namun, pada bulan Januari 2013, program ini mencatat pengumpulan sampah 373.500 kg, sementara pada tahun Januari 2014 jumlahnya meningkat hingga 540.000 kg. Kenaikan yang mencapai hingga 45 persen inilah yang menjadi alasan bagi ketiga perusahaan untuk mengajak partisipasi lebih banyak pihak dan mewujudkan dampak yang lebih besar.
Melalui BBEW 2014, masyarakat lokal, wisatawan, serta industri diundang untuk menyingsingkan lengan baju mereka dan mengambil tindakan nyata dalam sesi Big Beach Clean Up , disertai beragam aktivitas menyenangkan lainnya di Pantai Padma, Legian sepanjang hari . (*/tya/smu)