584 Alat Peraga Kampanye Pilpres Langgar Aturan

104

Dipasang di Lokasi Terlarang

DEMAK-Sebanyak 584 alat peraga kampanye (APK) Pilpres bergambar capres-cawapres dinyatakan telah melanggar aturan kampanye yang berlaku. Dari jumlah itu, 271 APK dipasang tim sukses Prabowo-Hatta dan 313 lainnya milik tim Jokowi-JK.
Demikian terungkap dalam sosialisasi pengawasan dengan stakeholder yang digelar Panwaskab Demak di ruang Bina Praja, kemarin. Sekretaris Panwas Demak, Yanto Mulyanto mengungkapkan bahwa banyaknya alat peraga yang melanggar aturan segera ditindaklanjuti oleh pihak terkait. “Sebelumnya, Panwas sudah merekomendasikan ke  KPUD dan Satpol PP untuk ditindaklanjuti,” terang Yanto, kemarin.
Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Panwas Khoirul Saleh, Kepala Kesbangpolinmas Taufik Rifai, dan Komisioner KPUD Demak Jessy Tri Jouni. Menurut Yanto, penertiban atribut capres yang tidak sesuai segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Seperti diketahui, banyak alat peraga dipasang di tepi jalan Pantura dan jalan-jalan protokol, termasuk di jembatan, taman kota dan pohon pelindung. “Kami melakukan penertiban supaya Pilpres berjalan aman dan damai sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.
Ketua Panwas, Khoirul Saleh menambahkan, pemasangan APK secara sembarangan sangat menganggu pemandangan. Apalagi, ada yang  nekat dipasang di pepohonan yang jelas-jelas bisa merusak lingkungan.
“Mestinya, alat peraga tersebut dipasang tanpa harus melanggar regulasi yang ada,” katanya didampingi anggota panwas, Ulin Nuha dan Amin Wahyudi. (hib/ida)