SEMARANG-Mengantisipasi terjadinya lonjakan pengiriman barang menjelang Lebaran, perusahaan jasa pengiriman barang, JNE, menambah 500 karyawan dan armada sebanyak 80 unit.
Kuncoro Jati, Public Communication JNE Pusat, mengatakan bahwa Ramadan dan Lebaran selalu menjadi peak season bagi sejumlah jasa pengiriman.
“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, lonjakan pengiriman melalui JNE mulai terasa pada H-7 hingga H+7 Lebaran, dengan total pengiriman hingga 176 juta ton per hari. Tahun ini, lonjakannya diprediksi mencapai 200 juta ton per hari,” ungkap Kuncoro.
Peningkatan pengiriman ini, imbuhnya, akan lebih didominasi oleh pemilik usaha penjualan online serta pengiriman kebutuhan puasa dan Lebaran. “Jika hari biasa, pengiriman dari bisnis online shop memberikan kontribusi 40 persen terhadap pendapatan retail, maka menjelang Lebaran kali ini diprediksi akan meningkat menjadi 65 persen,” tuturnya.
Selain itu, JNE juga bekerjasama dengan seluruh maskapai penerbangan nasional dengan mengalokasikan cargo space yang bertujuan meminimalisasi terjadinya keterlambatan pengiriman akibat penuhnya kapasitas cargo udara.
”Untuk mempermudah proses pengiriman barang, JNE akan tetap beroperasi selama 24 jam dan tetap buka selama Lebaran di beberapa titik kantor pusat, seperti cash counter Tomang 9, Tomang 45, Tomang 6, dan S Parman serta kantor-kantor cabang di ibu kota provinsi,” imbuhnya.
Tidak hanya di kantor pusat, imbuhnya, seluruh kantor cabang JNE di Indonesia turut mempersiapkan dalam menghadapi peak season ini. Di antaranya Semarang dan DI Jogjakarta. Kedua cabang ini menargetkan pendapatan selama Ramadan mencapai 30 hingga 40 persen.
”Dalam rangka Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, Cabang Semarang telah melakukan beberapa persiapan antara lain penambahan jumlah petugas cash counter dan operasional, penambahan armada dan gudang,” tuturnya.
Dengan jaringan sebanyak 70 titik layanan, kantor Cabang Semarang dan beberapa kantor perwakilan telah siap melayani selama 24 jam dan tetap buka di hari Lebaran.
“Tahun ini, JNE Cabang Semarang juga melakukan investasi infrastruktur dengan membangun kantor baru di kawasan Pamularsih. Luas tanah sekitar 1200 meter persegi dengan 4 lantai,” kata Kepala Cabang JNE Semarang Murah Lestari.
Sedangkan paket layanan JNE, meliputi Super Speed (SS) dengan estimasi pengiriman dan penyampaian paket/dokumen pada hari yang sama, Yakin Esok Sampai (YES) dengan estimasi pengiriman besok sampai. Kemudian, Reguler (REG) dengan estimasi pengiriman 2-3 hari, Ongkos Kiriman Ekonomis (OKE) dengan estimasi pengiriman 5-6 hari.
”Selain layanan pengiriman paket dalam dan luar negeri, JNE juga menyediakan layanan pengiriman uang melalui Western Union. Kiriman uang bisa diterima hanya dalam hitungan menit di tempat tujuan,” ungkapnya.
Sedangkan untuk masyarakat yang tidak sempat mudik saat Lebaran, namun tetap ingin menikmati dan merasakan suasana Lebaran di kampung halaman melalui makanan khas dari daerah. ”Dengan layanan kiriman makanan Pesona (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara), kami berharap masyarakat dapat memesan makanan khas dari seluruh daerah di Indonesia,” terangnya. (eny/ida)