SEMARANG-Tingginya permintaan barang elektronik menjelang bulan suci Ramadan 2014 ini, tak disia-siakan oleh para pebisnis barang elektronik. Dalam kondisi ini, yang perlu diwaspadai adalah turut beredarnya barang rekondisi. Kesannya seperti barang baru dengan harga murah, namun sebetulnya barang lama yang diperbaharui tampilannya agar terkesan baru.
”Terpenting, konsumen harus memperhatikan kartu garansi resmi dari merek industri elektronik tersebut,” kata Operational Director Superstore Global Elektronik Semarang, Gouw Ivan Siswanto.
Selain kartu garansi, katanya, konsumen harus mengecek barang elektronik yang dibeli tersebut memiliki kantor pelayanan perbaikan atau tidak. Kemudian sejauh mana persediaan suku cadangnya. Terpenting lagi, memiliki buku petunjuk pemakaian dalam bahasa Indonesia atau tidak.
”Tahun ini, lebih banyak ditawarkan produk rekondisi. Harga produk jenis ini lebih murah 3-5 persen, garansi toko dan tidak memiliki kantor pelayanan perbaikan. Biasanya dilakukan importir ilegal yang memanfaatkan momen menjelang Lebaran,” tuturnya.
Karena itu, pihaknya mengimbau konsumen elektronik agar lebih berhati-hati saat belanja beragam small appliances (peralatan rumah tangga). Karena produk yang bersentuhan dengan makanan dan minuman, seharusnya aman bagi kesehatan. ”Produk small appliances resmi, pasti bergaransi dan menggunakan bahan food-grade yang aman bagi kesehatan, tidak berkarat dan tanpa bahan kimia,” tuturnya.
Sementara itu, dalam rangka menyambut Sensasi Ramadan 2014, Manajemen Superstore Global Elektronik Semarang menggelar BIG In-Store Promo, serentak di 4 outlet Global Elektronik. Dalam program ini berbagai produk ditawarkan dengan harga terjangkau. Dia mencontohkan, LED TV Sharp 70-inci tipe LC70LE735X berhadiah langsung Dongle WIFI dan lainnya. (tya/ida)