Omzet Tempat Hiburan Turun

165

MAGELANG – Perhelatan Piala Dunia 2014 dan debat calon presiden-wakil presiden yang disiarkan di stasiun televisi nasional berdampak pada penurunan pendapatan hingga 50 persen bagi pengelola tempat hiburan di Kota Magelang.
Hal itu diungkapkan Vincentius Eko Helmi, Manager Outlet Tempat Karaoke Happy Puppy, Kota Magelang yang merasakan dampak acara TV tersebut. “Hampir separuh dari hari-hari biasanya kami mengalami penurunan pengunjung,” katanya (23/6).
Helmi menuturkan, tahun ini berbarengan dengan agenda besar nasional maupun internasional. Yakni debat capres-cawapres dan Piala Dunia 2014 juga dirasa sama. “Semenjak adanya Piala Dunia 2014, pengunjung berkurang 100 untuk setiap harinya,” terangnya.
Helmi mengaku, sudah ada upaya untuk menyiasati dua acara yang mempengaruhi penurunan omzetnya. Mulai dari diskon 50 persen karaoke di jam-jam tertentu. Namun baginya tetap belum berhasil.
“Pilpres hanya lima tahun sekali, piala dunia empat tahun sekali, jadi wajar jika masyarakat lebih memilih di rumah untuk persiapan nonton ataupun persiapan begadang,” imbuhnya.
Walau begitu, Helmi mengaku belum terpikirkan untuk menggelar nonton bareng (nobar) piala dunia di tempatnya. Mengingat biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Belum lagi biaya lisensi siaran sampai perizinan. “Saya rasa kurang efektif dan efisien, hanya bisa menunggu semua bisa pulih kembali,” pungkasnya. (mg4/lis)