Karaoke Restoran Buka Siang Hari

250

MAGELANG – Jelang Ramadan, tempat hiburan dan restoran akan tetap buka di siang hari. Perwal No 26 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Hiburan dan Rekreasi, memberikan kelonggaran tempat hiburan dan restoran diperbolehkan buka siang hari selama Ramadan.
Hal itu juga sudah disiskusikan dan mencapai kata mufakat oleh sejumlah pihak. Yakni Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM), Forum Komunikasi  Umat Beragama (FKUB) Kota Magelang, Polres Magelang Kota, Kodim 0705/Magelang, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) dan dinas terkait.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabupar) Kota Magelang, Hartoko mengatakan, dalam pembahasan surat edaran (SE) sempat ada beberapa saran dari PBNU dan PDM untuk menutup total tempat hiburan selama bulan puasa untuk menghormati warga muslim.
“Memang benar, semua itu adalah langkah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan serta kelancaran kaum muslim yang sedang menjalanakan ibadah puasa. Namun, kita juga harus memikirkan alasan lain, seperti  tempat usaha menjadi penopang perekonomian ratusan karyawan, akhirnya kebijakan buka siang disetujui,” katanya (23/6).
Hartoko juga menjelaskan, di Kota Magelang ada empat tempat hiburan karaoke, di antaranya Happy Puppy Magelang, Vitu, Nav Ekspress, dan Pop Karaoke. Selain itu banyak hotel dan restoran. “Totalnya bisa ratusan, sehingga kalu ditutup total maka banyak pekerja yang tidak mendapat penghasilan. Sedangkan, kebutuhan Lebaran juga tidak sedikit,” imbuhnya.
Dalam surat edaran (SE) yang dilayangkan kepada perusahaan, hotel, tempat hiburan dan restoran itu, diputuskan beberapa ketentuan. Di antaranya batasan jam operasional.
“Intinya, kalau restoran atau warung makan tidak diperbolehkan buka terlalu vulgar. Sedangkan untuk tempat hiburan seperti karaoke diperbolehkan buka mulai pukul 10.00 siang hingga pukul 16.00 sore. Kemudian, malamnya diperbolehkan buka kembali mulai pukul 21.00 hingga pukul 24.00 malam,” tegasnya.
Dia mengharapkan, semua ketentuan yang ada di SE harus diindahkan. “Supaya semua berjalan dengan lancar dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan, kami berharap semua melaksanakan dengan baik,” pungkasnya. (mg4/lis)