Siswa Harus Siap Hadapi Bencana

132

PEKALONGAN–Para siswa SD–SMA sederajat diminta siap menghadapi bencana alam di Kota Pekalongan. Sebab Kota Pekalongan termasuk salah satu daerah yang rawan bencana alam, terutama banjir.
”Siswa harus bisa menjadi guide, jika suatu saat terjadi bencana. Sebab Kota Pekalongan juga rawan bencana, terutama banjir dan rob,” kata Kabid Pendidikan Nonformal dan Pemuda Olaharaga, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Pekalongan, Yunus Suwandi, di sela-sela pelatihan dan simulasi bencana alam, Sabtu (21/6) kemarin siang.
Menurutnya, total ada sekitar 500 peserta pelatihan dari 20 SD–SMA sederajat. ”Penanganan bencana ini diberikan kepada anak-anak, agar masyarakat sejak dini mengerti dan memahami apa yang harus dilakukan, jika suatu saat terjadi bencana alam,” jelasnya.
Sementara Darsono, salah satu instruktur penanganan bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng, mengatakan bahwa materi yang diberikan kepada para siswa antara lain penyelamatan diri saat terjadi bencana, ketrampilan membantu teman atau korban bencana dan bisa menjadi komando bagi para korban bencana. (han/ida)