Siaga Tangani Kemungkinan Kecelakaan Mudik

147

PEMERINTAH Kabupaten Pemalang menggelar simulasi penanggulangan krisis kesehatan menghadapi situasi arus mudik/balik lebaran tahun 2014 di sirkuit Pantai Widuri Pemalang, kemarin.
Bupati Pemalang, H. Junaedi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pemalang akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kecelakaan lalu lintas yang mungkin terjadi pada saat mudik dan balik lebaran nanti. Salah satu upaya yang dilakukan yakni menggelar geladi atau simulasi penanggulangan tersebut.
Dengan adanya peningkatan jumlah kendaraan pada musim mudik dan balik lebaran, tidak menutup kemungkinan akan terjadi pula peningkatan potensi kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu Pemkab Pemalang meningkatkan kesiapsiagaan guna menghadapi terjadinya kecelakaan lalu lintas. “Simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan tim kesehatan dalam menghadapi kecelakaan lalu lintas tersebut juga diikuti oleh unsur terkait seperti TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, paramedis, SARDA, BPBD, Damkar, dan pelajar,” ujar Bupati.
Dia menambahkan, agar penangananan kecelakaan tertangani dengan baik, selain secara teknis siap, petugas juga harus proporsional jumlahnya. (rid/apt/jpnn/smu)