SEMARANG – Kemunculan Honda Mobilio benar-benar membuat peta persaingan pasar mobil low MPV makin sengit. Meski belum lama diluncurkan, respons pasar sangat bagus, bahkan saat ini Honda Mobilio mampu mengusai pasar mobil Low MPV di Jateng-DIY.
Penjualan Honda Mobilio di Jawa Tengah saat ini mampu menggeser posisi Toyota Avanza dan Daihatzu Xenia yang sebelumnya terus memimpin pasar di Jateng dan DIY. Penjualan terus meningkat bahkan sejak Maret lalu sudah mencapai lebih dari 2.000 unit, dengan jumlah inden lebih dari 1.600 unit. Hasil penjualan ini membuat Mobilio mampu menguasai pasar di Jateng dan DIY di kelas Low MPV dengan market share 27 persen.
Manajer Sales Marketing Area Jateng-DIY Honda Semarang Center, Eddy Haryanto mengatakan, inden barang baru bisa dikirim 1-2 bulan ke depan. “Banyaknya inden ini, karena pemesanan cukup besar, sedangkan kapasitas produksi tidak mampu untuk melayani, mengingat pemesanan harus dibagi untuk daerah lainnya,” Jelas Eddy.
Diakui Eddy penjualan Mobilio sangat fantastis, bahkan mampu memberikan kontribusi 60 persen dari total produk Honda dan menggeser Honda Jazz dan Brio. Sejak diluncurkan Maret lalu Honda menargetkan penjualan Mobilio hanya 650-700 unit, namun penjualan justru diluar dugaan, karena setiap bulan mencapai lebih dari 800 unit.
Dia menjelaskan tidak hanya tingkat Jateng dan DIY penjualan Mobilio mendapatkan respon yang luar biasa dari pasar. Secara nasional pun penjualannya cukup menggembirakan, bahkan saat ini sudah mampu menjadi nomer dua dengan penjualan mencapapai 25.867.
Diterimanya Mobilio di pasaran kata Edy tidak lepas dari desain Mobilio yang begitu cantik dan modern, dengan harga yang cukup kompetitif yakni antara Rp 166 juta –Rp 204 juta (On The Road Semarang). Mobilio kini hadir dengan seri RS dengan harga Rp 210 juta – Rp 221 juta. (tya/smu)