Pasukan Oranye Paling Berjasa

153

WONOSOBO – Kabupaten Wonosobo tahun ini mendapatkan penghargaan sebagai kota kecil terbersih atau piala Adipura. Di balik penghargaan itu, ada petugas yang sangat berjasa yakni pasukan oranye alias petugas kebersihan. Berkat mereka yang bekerja sejak dini hari, kondisi kota tetap terlihat bersih.
“Pasukan oranye mempunyai jasa besar dalam mempertahankan piala Adipura untuk Wonosobo. Berkat mereka selama 8 tahun kita mendapatkan penghargaan ini,”kata Wakil Bupati Wonosobo, Maya Rosida kemarin (22/8).
Untuk itu, menurut Maya, sudah sepantasnya Pemerintah Kabupaten Wonosobo memberikan penghargaan terhadap pasukan oranye. Selain itu, mendorong kepada masyarakat kota dingin itu untuk mempertahankan budaya bersih-bersih.
 “Sebagai ungkapan terima kasih, beberapa waktu lalu, pasukan oranye kami ajak syukuran atas piala Adipura,”katanya.
Maya menyebutkan, keberhasilan Wonosobo mempertahankan status sebagai kota kecil terbersih 8 kali berturut-turut, tak akan terwujud tanpa peran para petugas kebersihan.
“Kesungguhan mereka, yang terbiasa mulai bekerja sejak dini hari, membersihkan setiap sudut kota Wonosobo menjadikan Kabupaten Wonosobo senantiasa terlihat bersih sepanjang hari,” ujarnya.
Maya bahkan menyebut, penghargaan Adipura selayaknya diberikan langsung kepada pasukan kuning. Ke depan, wabup berharap mereka tetap menjaga semangat dalam menjaga kebersihan Kota Wonosobo.
“Kami juga berikan penghargaan kepada para petugas yang tergabung dalam pasukan oranya,”katanya.
Maya menegaskan, meski sudah mendapatkan piala Adipura Pemkab Wonosobo terus berupaya memperbaiki kondisi kota. Di antaranya mengupayakan peningkatan kualitas lingkungan di Kota Wonosobo, seperti menambah ruang terbuka hijau, menanam pohon peneduh, hingga mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar pemukiman warga.
 “Semua itu harus dilakukan secara sinergis, baik di lingkup pemerintah Kabupaten, masyarakat, hingga petugas-petugas terkait, demi terwujudnya Kota Wonosobo yang aman, sehat, rapi, dan indah,”katanya. (ali/lis)