Minuman Khas Semarang yang Menghangatkan

260

Jahe Rempah Mbah Jo



Siapa yang tak kenal wedang jahe, minuman ini adalah minuman tradisonal yang berkhasiat mengilangkan masuk angin dan menyehatkan badan.
Meski minuman ini sudah cukup dikenal, Jahe Rempah Mbah Jo yang ada di belakang gedung Pemprov Jateng menyuguhkan yang berbeda. Di warung Mbah Jo, terdapat beberapa olahan minuman jahe seperti jahe susu, jahe rempah, dan lainnya. “Yang paling banyak dipesan adalah jahe rempah yang mempunyai berbagai khasiat yakni menghangatkan badan, mengilangkan masuk angin, capek, dan pegal linu,” kata Mbah Jo kepada Radar Semarang.
Menurut namanya minuman jahe rempah terdiri dari tumbukan jahe, kencur, temulawak, kunir, temu mangga, gula batu dan gula aren, dan jeruk nipis. Ditumbuk jadi satu, dan di seduh air panas. ” Ini adalah minuman khas Semarang, bukan dari kota lain. Selain bisa di nikmati di sini, bisa juga dibawa pulang dan diseduh di rumah,” ucap pria yang sudah berjualan wedang jahe sejak tahun 1985 ini.
Kedai Jahe Rempah Mbah Jo,sendiri buka dari pukul 06.00 sampai 22.00, kecuali hari Sabtu, Mbah Jo libur. “Per gelas utuk jahe rempah dijual dengan harga Rp 5 ribu, penikmatnya dari berbagai kalangan,” pungkasnya. (den/ric)