MARAKNYA kasus penipuan melalui telepon seluler atau SMS, sudah diantisipasi pihak operator seluler. Salah satunya Telkomsel, yang terus mengingatkan pelanggannya untuk berhati-hati.
”Telkomsel dalam menjalankan bisnis, selalu konsisten dan berkomitmen menjaga kenyamanan pelanggan, serta menerapkan kebijakan yang kuat untuk mencegah kerugian pelanggan,” kata Corporate Communications Telkomsel Jateng-DIJ, Agus Budi Prasetiyono kepada Radar Semarang.
Menurutnya, modus penipuan terus berkembang. Kalau dulu hanya sebatas SMS dan telepon, sekarang lewat SMS namun diarahkan untuk melihat website tertentu dengan modus menjadi pemenang undian berhadiah.
”Perlu diingat, satu-satunya website korporasi Telkomsel yang memberikan informasi resmi terkait program, layanan produk ataupun promosi berhadiah secara transparan dan jelas kepada pelanggan adalah www.telkomsel.com,” katanya.
Saran Telkomsel, kata Agus Budi Prasetiyono yang akrab disapa Yoyo, masyarakat tidak boleh mudah terpancing, lebih waspada, serta berhati-hati dan lebih cerdas dalam menyikapi modus penipuan tersebut.
”Adapun segala informasi dari Telkomsel untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan produk ataupun promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, di antaranya melalui Surat Resmi, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta website www.telkomsel.com,” tuturnya.
Dalam menyelenggarakan program promosi berhadiah, imbuhnya, Telkomsel juga menanggung 100 persen pajak hadiah pemenang. Sehingga pelanggan tidak mengeluarkan dana untuk membayar pajak hadiah dan sejenisnya. ”Kalau sampai ada permintaan yang mengarahkan pelanggan untuk membayar sejumlah biaya dalam nominal tertentu, maka dapat dipastikan itu penipuan,” tandasnya.
Jika memang terjadi kasus penipuan, imbuhnya, Telkomsel segera menindaklanjuti ke pihak berwajib berbagai bukti pelanggaran yang dilakukan oleh oknum tertentu terkait SMS dan website penipuan tersebut.
Pelanggan juga dapat melakukan konfirmasi serta pelaporan adanya dugaan penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel melalui layanan call center 24 jam, dengan menghubungi 133 untuk pelanggan kartuHalo, serta 155 dan 188 untuk pelanggan simPATI dan Kartu As. Tersedia pula akses ke nomor lain, yakni 08071811811. Di samping itu, pelanggan juga dapat mengirimkan email pertanyaan ke cs@telkomsel.co.id atau konfirmasi melalui facebook.com/telkomsel dan twitter @telkomsel.
Pelanggan Telkomsel juga dapat mengunjungi GraPARI terdekat, untuk berkonsultasi langsung dengan petugas customer service yang senantiasa membantu dan memberikan solusi sesuai kebutuhan. Pelanggan juga dapat memeriksa sendiri program Telkomsel Poin melalui akses gratis *111# dari kartuHalo serta *116# dari simPATI dan Kartu As. (ida/ce1)