Beradu Meracik Minuman

144

MAGELANG – Sebanyak 65 peserta beradu kepiawian meracik minuman di ajang lomba Artos Beverages Competition 2014 Sabtu, (20/6) lalu. Kegiatan yang berlangsung di atrium Artos Mall Ground Floor ini akan menjadi agend rutin Artos.
Dikatakan General Affair Manager Artos Mall Hanung Krisnupathi, lomba ini akan menjadi agenda rutin tahunan setelah melihat antusias peserta yang mengikuti. “Ada 65 peserta yang mendaftar dan mengikuti babak eliminasi. Langsung diambil 10 besar dari tahap awal,” katanya kepada Radar Kedu.
Hanung menuturkan, pihaknya ingin memberikan wadah bagi para peracik minuman untuk berani menanmpilkan potensinya. “Magelang bisa disebut kota transit. Kalau kuliner sudah lengkap, maka minuman juga harus mengimbangi supaya bersinergi,” tegasnya.
Dari ketentuan lomba pada saat grand final adalah membuat 3 jenis minuman, d iantaranya minuman tradisional, jus, dan mocktail. Tentu yang menjadi penilaiannya adalah penampilan,  kebersihan, higienisitas dan area kerjanya. Namun nilai terbesar yang diberikan adalah soal rasa.
“Rasa memang memiliki nilai paling tinggi, tapi pemaparan dari peserta dengan apa yang dibuat juga menjadi nilai tambah,” jelasnya.
Hanung juga menegaskan, dalam kompetisi ini tidak diperbolehkan menggunakan alkohol. “Kompetisi ini tidak diperbolehkan ada unsur alkohol. Bagi 10 finalis, resepnya akan menjadi hak Artos, walau tetap akan diseleksi,” imbuhnya.
GM Artos Mall Robby Afian mengatakan, peserta yang mengikuti terdiri dari karyawan hotekl, cafe dan ada pula siswa SMK. Hanya satu siswa SMK yang berhasil lolos. “Saat babak pertama banyak anak SMK yang ikut, namun hanya satu yang lolos yaitu dari SMK Wiyasa Magelang,” ujarnya.
Dia juga menambahkan, dari 10 finalis diambil juara 1, 2, 3 dan akan dipilih satu finalis menjadi The Best Coolest Performance. Hadiah yang diberikan untuk juara pertama Rp 1,5 juta, juara dua Rp 1 juta, juara tiga mendapat Rp 750 ribu beserta trofi dan piagam.
“Juara pertama Deni Irawan dari Ibis Style Jogja, juara dua Deni Indra dari Coffee Toffee Magelang, dan juara tiga Rafi Hariana dari Hotel Atria Magelang, lalu The Best Coolest Performance diraih Supriyono dari Eastparc Hotel Yogyakarta,” imbuhnya.
Usai acara, Deni Irawan, sang pemenang, mengatakan terkesan dengan kompetisi yang diadakan Artos tersebut. “Bagi saya kompetisi ini sangat menarik. Apalagi dengan konsep yang belum ada sebelummnya. Kami sangat senang dan bersyukur. Dengan kesuksesan ini akan memotivasi untuk terus lebih baik lagi” kata pemenang Artos Beverages Competition 2014 itu. (mg4/lis)