MAGELANG – Babak penyisihan lanjutan Djarum Foundation Bulutangkis Multi Cabang Kabupaten/Kota Se-eks Karesidenan Kedu 2014 Jumat (20/6) kemarin di GOR Samapta, Sanden Kota Magelang, berlangsung ketat dan penuh kejutan.
Dalam kategori kelompok umur kelas tunggal anak-anak putra, tim tuan rumah Perkumpulan Bulutangkis (PB) Surya Tidar Magelang tampil perkasa. Mereka mampu menyabet dua tiket semifinal, yang diraih oleh Iqbal Safran dan Erwyn R. Dua tempat lainnya, diduduki Valerian (PB) Abimanyu Purworejo dan Lintang (PB Wiratama Magelang).
Hasil yang dicatatkan oleh Iqbal dan Erwyn ini, sekaligus membuka peluang PB Surya Tidar Magelang untuk menguasai final tunggal anak-anak putra. Pasalnya, dua pemain tersebut berada di seeded pertandingan yag berbeda. Iqbal berada di bagan seeded atas, sedangkan Erwyn di bagan seeded bawah.
Pada pertandingan kemarin, Iqbal sebagai unggulan satu maju semifinal setelah mengalahkan rekan satu klubnya Arya, dengan skor 21-6, 21-13. Erwyn yang turun sebagai pemain unggulan empat, di babak delapan besar mengalahkan Fikri, yang juga dari PB Surya Tidar Magelang, dengan angka 21-18, 22-20. Sedangkan Valerian sebagai unggulan tiga, lolos delapan besar menundukkan Krisna (PB Wiratama Magelang) 21-17, 21-11 dan Lintang di posisi unggulan dua menghentikan langkah Riski (PB Tunas Perkasa Wonosobo) 21-14, 21-10.
Tim Official PB Surya Tidar Magelang Sutono, memberikan apresiasi atas hasil dua pemainnya ini. “Pertarungan penyisihan kelompok anak-anak putra dan putri sangat ketat karena diikuti para pemain handal dari dari masing-masing daerah di Kedu. Babak semifinal nanti juga akan ramai. Kekuatannya berimbang. Kami berharap anak-anak bermain focus dan tenang,” ungkapnya.
Sementara di bagian tunggal anak-anak putri, dua semifinal ditempati wakil tuan rumah dan sisanya pemain luar Kota Magelang. Meliputi pemain nonunggulan Ghaisa (PB Garuda Jaya Purworejo), unggulan tiga Raissa (PB Bina Sarana Tangkas Wonosobo), unggulan empat Salsabila (PB Wiratama Magelang) dan unggulan dua Jeanita (PB Surya Tidar Magelang).
Tiket semifinal yang diraih Ghaisa ini terasa istimewa karena ia peroleh dari unggulan satu Soraya (PB Wiratama Magelang), setelah di babak delapan besar dikalahkan rubber set 17-21, 21-19, 21-18.
Sementara itu, agenda kejuaraan Djarum Foundation Bulutangkis Multi Cabang Kabupaten/Kota Se-eks Karesidenan Kedu 2014 hari ini, Sabtu (21/6), akan menggelar babak semifinal dan final untuk karegori kelompok umur maupun kategori dewasa (umum). Panitia Pertandingan Kukuh santoso mengatakan, kegiatan hari terakhir kejuaraan ini akan dilanjutkan dengan seremonial penutupan dan penyerahan hadiah.
“Kegiatan berjalan lancar dan sampai saat ini belum ada protes dari peserta. Semoga berjalan baik hingga selesai. Dari pertemuan kami dengan wakil klub – klub bulutangkis dari daerah lain sambutannya positif. Kejuaraan bergengsi ini tentunya menambah motivasi pebulutangkis yang ikut untuk semakin giat berlatih sehingga berprestasi lebih baik,” ujarnya. (fiq/lis)